JADI SALAH SATU PRIORITAS, INFRASTRUKTUR DI OKU SELATAN PERKUAT KONEKTIVITAS DAN PUPUSKAN KESENJANGAN SOSIAL EKONOMI ANTAR WILAYAH

portal
By portal Januari 27, 2022 15:29

JADI SALAH SATU PRIORITAS, INFRASTRUKTUR DI OKU SELATAN PERKUAT KONEKTIVITAS DAN PUPUSKAN KESENJANGAN SOSIAL EKONOMI ANTAR WILAYAH

 

MUARADUA – Infrastruktur masih menjadi salah satu sarana yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk itu, hal ini masih menjadi salah satu prioritas Pemerintah dari pusat, hingga ke daerah.

Pasalnya, infrastruktur dapat menjadi penunjang berbagai perkembangan sektor hingga mempercepat pergerakan peningkatan perekonomian masyarakat. Untuk itu, bertepatan dengan peringatan hari jadi Kabupaten OKU Selatan, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru didampingi Bupati OKU Selatan, Popo Ali M., B.Com., meresmikan sejumlah infrastruktur yang ada di Kabupaten OKU Selatan khususnya yang pendanaannya dibiayai oleh Bantuan Gubernur Sumsel.

Bertempat di halaman Masjid Agung Almuhtadin Muaradua, Kamis (27/01/2022) siang, Gubernur Herman Deru meresmikan infrastruktur Sumatera Selatan yang ditandai dengan penabuhan genderang dan pemecahan guci.

Peresmian pembangunan infrastruktur di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan melalui APBD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021 yang dialokasikan melalui anggaran belanja organisasi perangkat daerah berdasarkan kewenangan provinsi dan belanja bantuan keuangan bersifat khusus tahun 2021 sebesar Rp. 100.868.345.263,- yang terbesar di Sektor jalan dan jembatan, Sektor perumahan dan permukiman, Sektor sumber daya air, sektor perhubungan, Sektor Pariwisata, sektor Komunikasi dan informasi serta sektor pendidikan di provinsi Sumatera Selatan.

Adapun pemanfaatan anggaran tersebut dialokasikan untuk, meningkatkan konektivitas antar wilayah sekitar antara lain, konektivitas dengan provinsi Bengkulu yaitu penanganan longsoran dan pemeliharaan berkala di jalan SP. Campang- Ujan Mas- Batas Provinsi Bengkulu dan pemeliharaan berkala SP, Haji-SP, Campang serta Konektivitas dengan Provinsi Lampung, yaitu penanganan longsoran dan pemeliharaan berkala jalan Muaradua- Kota Batu- batas provinsi Lampung dan pemeliharaan berkala jalan Sp. Martapura. Muaradua, peningkatan jalan Simpang Villa Pusri- Banding Agung, Pembangunan Jalan Desa Padang Bindu Trasn Pauh Kec, Buay Runjung, dan peningkatan jalan Simpang Surabaya-Keramat Balak Kec. Banding Agung.

Dikatakan Gubernur, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas permukiman melalui pembangunan prasarana dan sarana umum permukiman, pembangunan jalan Desa, pembangunan drainase pembangunan Talud yang terbesar di Kabupaten OKU Selatan dan pembangunan Lapangan Tembak di Polres OKU Selatan.

Peningkatkan pelayanan irigasi melalui Rehabilitasi jaringan irigasi di Kemu Raya, Kecamatan Pulau Beringin untuk meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten OKU Selatan. Peningkatkan mitigasi bencana banjir dan longsor yaitu dengan membangun perkuatan tebing di Desa Ulak Agung Ulu, Kecamatan Muaradua Kisam, Kabupaten OKU Selatan.

Peningkatkan Konektifitas dan memudahkan Aksesibilitas Pariwisata lokal melalui Revitalisasi Bandara Banding Agung, pengadaan Bus pariwisata dan pelataran parkir Danau Ranau.

Meningkatkan Pelayanan Komunikasi dan informasi melalui pengadaan Internet Desa Karang Agung Kabupaten OKU Selatan. Hingga meningkatkan pelayanan pendidikan melalui Rehabilitasi 3 Ruang Kelas SMK Negeri 2 Kabupaten OKU Selatan.

“Sengaja peresmian ini kita lakukan bertepatan dengan hari jadi OKU Selatan, biar menjadi kado istimewa di HUT Kabupaten OKU Selatan ke-18 ini,” kata Herman Deru.

Menurutnya, pembangunan sejumlah infrastruktur di OKU Selatan didanai oleh Pemprov SumSel, yang bersumber dari APBD, Dana Penanganan dan Bantuan Gubernur (Bangub). “Semua, 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Selatan kita prioritaskan pembangunanya, itu semata-mata untuk kemajuan 17 Kabupaten/Kota sehingga pembangunan yang ada di Sumatera Selatan, bisa merata dan terciptanya Sumsel maju untuk semua,” tegas gubernur.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati OKU Selatan, Popo Ali M., B.Com., berterimakasih kepada Gubernur Sumatera Selatan, yang telah banyak membantu Kabupaten OKU Selatan, dalam pembangunan-pembangunan infrastruktur yang telah dirasakan oleh masyarakat OKU Selatan, selama atas tiga tahun berturut, dampak pembangunan insfrastruktur yang terus berjalan di OKU Selatan, dan di danai anggran dari APBD provinsi tentunya ini sangat membantu masyarakat OKU Selatan.

“Dan dampaknya sekarang bisa dirasakan atas infrastruktur yang telah dibangun, diantaranya akses jalan dan fasilitas lainnya, ke depannya diharapkan kolaborasi antar Pemerintah daerah dan Pemerintah Provinsi terus berjalan sehingga pengembangan infrastruktur di OKU Selatan, semakin baik harapan kami untuk kedepannya, untuk OKU Selatan Bersinar dan Sumsel Maju untuk Semua.

Dalam peresmian pembangunan infrastruktur ini, Gubernur didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati, Bupati Kabupaten OKU, Bupati Kabupaten Lampung atau yang mewakili, FKPD, Kepala Dinas PUPR, Camat Buay Rawan dan unsur pemerintahan lainnya.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal Januari 27, 2022 15:29

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
18 Mei, 2022, 5:43 pm
 

Berawan
28°C
flik: 32°C
barr: 1010 mb
winds: 2 m/s BSB
matahari terbit: 6:03 am
matahari tenggelam: 5:57 pm
Ramalan 18 Mei, 2022
siang
 

Berawan dan petir
32°C
winds: 1 m/s T
malam
 

Berawan
22°C
winds: 0 m/s B
More forecast...