KETUA UMUM TP PKK NY. TRI TITO KARNAVIAN TEKANKAN PERLUNYA PENAJAMAN PROGRAM PRIORITAS GERAKAN PKK.

portal
By portal December 10, 2021 18:31

KETUA UMUM TP PKK NY. TRI TITO KARNAVIAN TEKANKAN PERLUNYA PENAJAMAN PROGRAM PRIORITAS GERAKAN PKK.

Jakarta (10/12) Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan Ny. Isyana Lonitasari Popo,S.H. hadiri secara langsung Rapat Koordinasi Nasional TP PKK Dalam Rangka Mendorong Sinergisitas Kebijakan Perencanaan Program PKK bertempat di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta, Jumat (10/12/2021).

Ketua Umum TP PKK Ny. Tri Tito Karnavian meyampaikan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) menekankan, perlunya penajaman program prioritas gerakan PKK, penajaman dilakukan dengan mengacu pada 10 program pokok PKK. Upaya ini bertujuan agar TP PKK memiliki satu visi dan misi dalam pelaksanaan programnya.

Selain itu, 10 program pokok tersebut harus selaras dengan program prioritas pemerintah yang berjalan saat ini. Dari keselarasan itu, TP PKK kemudian merumuskan sejumlah program unggulan yang didasarkan pada berbagai komponen program terkait, yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing.

Dari sinilah maka akan diperoleh empat komponen program yang ada keselarasannya dengan 10 program pokok PKK, yaitu pertama program kesehatan, (kedua) pendidikan, (ketiga) ekonomi, dan (keempat) sosial,” ujar Tri saat membuka Rapat Koordinasi Nasional TP PKK Dalam Rangka Mendorong Sinergisitas Kebijakan Perencanaan Program PKK yang berlangsung.

Dari keempat bidang program unggulan tersebut, kemudian TP PKK menentukan program prioritas yang berkaitan dengan fungsi dari empat Kelompok Kerja (Pokja) TP PKK. Program prioritas itu, yakni pola asuh dalam keluarga, peningkatan pendapatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga, dan kesehatan dasar keluarga.

“Dari keempat bidang program prioritas tersebut, harus dapat kita tentukan jenis program yang berciri khas gerakan PKK, yang akan menjadi identitas program yang dikelola dari dan oleh Tim Penggerak PKK,” terangnya.

TP PKK sendiri telah memiliki sejumlah program yang memiliki ciri khas sesuai dengan gerakan PKK. Program tersebut misalnya, yaitu ‘pendidikan karakter keluarga melalui pola asuh anak dan remaja di era digital’ atau disebut Paredi. Program lainnya, yaitu ‘gerakan keluarga Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi atau disebut Gelari Pelangi.

Tak hanya itu, program lainnya yakni gerakan amal dan kukuhkan halaman asri teratur indah dan nyaman’ (aku hatinya PKK). Program selanjutnya, yaitu gerakan PKK keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana.

Beliau juga menjelaskan, keempat program tersebut berperan dalam mencegah stunting melalui pola penajaman pendampingan kepada para ibu hamil maupun anak-anak yang berpotensi mengalami stunting. Dirinya berharap, seluruh pengurus maupun kader TP PKK dapat bekerja sesuai petunjuk pelaksana.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Dirjen Bina Pemdes, Ketua Umum TP PKK Ny. Tri Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Keynote Speech Ny. Iriana Joko Widodo, Ketua TP PKK Provinsi, Kabupaten Kota, serta undangan lainnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal December 10, 2021 18:31

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN