POSYANDU REMAJA, DORONG PENINGKATAN KUALITAS REMAJA DI KABUPATEN OKU SELATAN

portal
By portal December 7, 2021 17:12

MUARADUA – Masa remaja merupakan bagian dari perkembangan dalam kehidupan. Masa ini menjadi salah satu fase penting di mana anak masuk dalam masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa.

Melihat pentingnya ini, Tim Penggerak PKK Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) menggelar Pelatihan Kesehatan dan Posyandu Remaja (Karang Taruna), di Aula Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan, Selasa (07/12/2021). Yang dibagi menjadi dua sesi sebagai bagian dari upaya penerapan protokol Kesehatan agar terhindar dari penularan COVID-19.

Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lonitasari Popo saat pembukaan pelatihan mengungkapkan, masa remaja merupakan masa terlabil, di mana anak berusaha mencari jati diri. Dan mereka akan melakukan banyak penyesuaian baik itu dengan lawan jenis, perubahan pola perilaku, hingga sosialisasi dengan lingkungan sekitar.

“Saat remaja, anak cenderung akan memisahkan diri dari keluarga, sehingga hal ini menjadikan masa remaja rentan dengan berbagai permasalahan. Mulai dari permasalahan sendiri, keluarga, hingga permasalahan dengan perkembangan zaman,” katanya.

Agar para remaja di OKU Selatan terhindar dari berbagai masalah yang dapat merugikan ini, TP PKK OKU Selatan menggelar pelatihan yang diharapkan akan bermanfaat dan menjadikan remaja di Kabupaten OKU Selatan semakin baik dan sehat.

“Manfaat lain dari posyandu remaja ini adalah untuk membekali remaja agar memiliki keterampilan hidup sehat, sekaligus sebagai aktualisasi diri dalam peningkatan derajat Kesehatan, yang diharapkan dapat membantu para remaja membentuk pribadi yang lebih baik dan berprinsip,” tegasnya.

Menanggapi ini, Bupati OKU Selatan yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda OKU Selatan, Joni Rafles, AP., M.Si., mengapresiasi apa yang dilakukan ini. Menurutnya, posyandu remaja dapat dijadikan sebagai wadah screening anemia dan status gizi remaja secara rutin setiap bulannya.

Melalui pelatihan ini, dia berharap agar para kader mampu meningkatkan kemandirian masyarakat, kemampuan kader khususnya remaja dalam melaksanakan tugas dan kewajiban khususnya di bidang Kesehatan.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kulitas hidup dan kesejahteraan masyarakat yang berperan aktif dalam mempromosikan semua kegiatan posyandu remaja untuk meningkatkan Kesehatan remaja di Kabupaten OKU Selatan, untuk meningkatkan derajat Kesehatan remaja dalam kegiatan kemitraan yang terjalin dapat dilanjutkan dengan program-program yang berkesinambungan,” ujarnya.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal December 7, 2021 17:12

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
5 July, 2022, 7:13 am
 

Sebagian berawan
22°C
flik: 24°C
barr: 1010 mb
winds: 0 m/s UUB
matahari terbit: 6:13 am
matahari tenggelam: 6:04 pm
Ramalan 5 July, 2022
siang
 

Berawan dan petir
32°C
winds: 1 m/s B
malam
 

Hujan dan petir
21°C
winds: 1 m/s B
More forecast...