PELIHARA KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT TERHADAP KEMUNGKINAN TIMBULNYA ANCAMAN GANGGUAN KEAMANAN DAERAH, PEMKAB OKU SELATAN GELAR RAKOR FORUM PAMBAURAN KEBANGSAAN

portal
By portal Desember 6, 2021 13:55

Muaradua(06/12) Mewakili Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com, dalam kesempatan ini Assisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Joni Rafles, AP.,M.Si. pimpin langsung Rapat Koordinasi Forum Pembauran Kebangsaan, Senin (06/12/2021).

Rapat koordinasi Forum Pembauran Kebangsaan ini mengusung tema “Wujudkan Kehidupan Masyarakat yang Harmonis Saling Menghormati Antar Suku, Ras dan Etnis di Kabupaten OKU Selatan”.

Dalam laporan Ketua Pelaksana yang disampaikan oleh Kepala Badan Kesbangpol OKU Selatan A. Verry Wijaya, S.IP. menyampaikan bahwa penyelenggaraan Rakor Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten OKU Selatan dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati tentang Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Sekretariat FPK Kabupaten OKU Selatan tahun 2020.

Dengan tujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi FPK dalam hal deteksi dini dan meredam potensi konflik di daerah, mencegah penyebaran isu kesukuan dan Ras, serta mendorong mengurus FKP untuk berperan aktif dalam menciptakan suasana yang harmonis, saling menghormati antar suku, ras, dan etnis.

“Melalui Rakor FPK Kabupaten OKU Selatan ini, dengan harapan bisa meningkatkan pemahaman tentang Forum Pembauran Kebangsaan di Kabupaten OKU Selatan. Serta menciptakan keharmonisan dan saling menghormati, saling menghargai dan saling percaya diantara anggota masyarakat dalam berbagai Ras, suku dan etnis. Sehingga terwujudnya kehidupan sosial yang solid dan integral,”ungkap Kaban Kesbangpol.

Asisten I dalam sambutannya mengatakan, bahwa Dalam Pedoman Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006,Tentang Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah, dalam menetapkan peraturan menteri dalam negeri tentang pedoman penyelenggaraan pembauran di daerah.

Penyelenggaraan pembauran kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan, dan perekonomian. Guna mewujudkan kebangsaan indonesia, tanpa harus menghilangkan indentitas ras, suku, dan etnis masing-masing dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia.

Forum pembauran kebangsaan ini yang selanjutnya disingkat FPK adalah wadah informasi komunikasi, dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

“Dalam hal ini pemerintah daerah terkait dengan pembauran kebangsaan ini adalah untuk membina dan memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman gangguan keamanan di daerah, melalu rakor ini saya berharap kita dapat semakin menumbuh kembangkan nilai-nilai kebersamaan, solidaritas sosial tanpa memandang etnis dan golongan, menyuburkan proses pembauran,”ujar Asisten I.

Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Terbatas Pemkab OKU Selatan ini turut dihadiri oleh Forkopimda/mewakili, Kadisdik, Kadin PMPD, Kakan Menag, Kabag Hukum, Kabag Kesra, Para Camat, Anggota FPK Kabupaten, Tokoh Suku dan Etnis, serta undangan lainya.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal Desember 6, 2021 13:55

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
18 Mei, 2022, 5:27 pm
 

Berawan
28°C
flik: 32°C
barr: 1010 mb
winds: 2 m/s BSB
matahari terbit: 6:03 am
matahari tenggelam: 5:57 pm
Ramalan 18 Mei, 2022
siang
 

Berawan dan petir
32°C
winds: 1 m/s T
malam
 

Berawan
22°C
winds: 0 m/s B
More forecast...