PEMKAB OKU SELATAN GELAR RAPAT LANJUTAN MENGENAI PENYUSUNAN DOKUMEN KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGI

portal
By portal October 15, 2021 18:28

PEMKAB OKU SELATAN GELAR RAPAT LANJUTAN MENGENAI PENYUSUNAN DOKUMEN KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGI

MUARADUA – Asisten II Sekta Kabupaten OKU Selatan, Hermansyah Said, S.Ip., menghadiri Rapat Forum Group Discussion (FGD) 2 Perihal Perumusan Isu Strategis Pembangunan Berkelanjutan Kabupaten OKU Selatan di Ruang Vidcon Dinas Kominfo OKU Selatan, Jumat (15/10/2021). Kegiatan ini juga diikuti oleh peserta lainnya dari instansi di lingkungan Pemkab OKU Selatan serta perwakilan Desa/Kelurahan.

Rapat ini merupakan lanjutan dari rapat sebelumnya mengenai penyusunan KLHS Dari RDTR yang membahas mengenai isu Prioritas sektor lintas daerah dan lintas wilayah yang meliputi empat prioritas pembahasan yaitu, Sosial, Ekonomi, Lingkungan Hidup, dan tata kelola pemerintah.

“Sehubungan dengan pelaksanaan penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (KLHS RDTR) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan dalam rangka melaksanakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah,” kata Hermansyah Said.

KLHS adalah rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh, dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip Pembangunan Berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau Kebijakan, Rencana, dan/atau Program.

Kegiatan ini juga digelar untuk memastikan bahwa isu strategis permasalahan dan sasaran strategis tujuan pembangunan berkelanjutan termuat dalam rancangan RPJMD Kabupaten OKU Selatan dan bertujuan untuk mewujudkan RPJMD yang sesuai dengan prinsip berkelanjutan dan menjadi pertimbangan dalam perumusan kebijakan rencana pembangunan daerah.

Dijelaskannya, RDTR Kabupaten OKU Selatan wajib dilengkapi dengan analisis lingkungan hidup atau KLHS yang mengacu pada Permendagri No. 7 Tahun 2018 tentang pembuatan dan pelaksanaan KLHS dalam penyusunan RDTR OKU Selatan.

Untuk itu, sejauh mana penyusunannya dilaksanakan untuk memastikan bahwa isu strategis permasalahan dan sasaran strategis tujuan pembangunan berkelanjutan menjadi acuan dalam penyusunan RDTR OKU Selatan dalam jenjang lima tahun ke depan untuk pembangunan daerah yang lebih baik.

Sumber:  Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal October 15, 2021 18:28

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
28 November, 2021, 10:55 pm
 

Berawan
24°C
flik: 25°C
barr: 1010 mb
winds: 3 m/s UUB
matahari terbit: 5:41 am
matahari tenggelam: 6:02 pm
Ramalan 28 November, 2021
siang
 

Berawan
31°C
winds: 1 m/s SB
malam
 

Berawan
22°C
winds: 1 m/s BSB
More forecast...