KADER PMI OKU SELATAN DILATIH UNTUK TANGGAP BENCANA

portal
By portal September 21, 2021 19:13

KADER PMI OKU SELATAN DILATIH UNTUK TANGGAP BENCANA

Muaradua (21/09) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten OKU Selatan Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama dan Tanggap Darurat Bencana di Wilayah Kabupaten OKU Selatan Tahun 2021, Selasa (21/09/2021).

Kegiatan Pelatihan ini berlangsung di Aula Pemkab OKU Selatan, dihadiri langsung oleh Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abiasir, SP.,M.Si., Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonitasari Popo, S.H. Wakil Ketua PMI Rosita Devi Sholehien, serta Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Joni Rafles, AP., M.Si, dan Asisten Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Herman Azedi, SKM.,M.M., sebagai Dewan Kehormatan PMI OKU Selatan, Para Kepala OPD, Narasumber dari PMI Provinsi Sumsel serta undangan lainnya.

Dalam Laporan Ketua Pelaksana Kegiatan Rina Anita,S.K.M.,M.M. menyampaikan Bencana merupakan peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam atau faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan dan tanah longsor dan yang lainnya.

Selanjutnya Rina Anita juga mengungkapkan PMI Selama ini banyak membantu mengatasi bencana melalui berbagai Program- program kemanusian. sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menyikapi petugas- petugas yang unggul yang unggul dan menjujung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas, memiliki kepekaan sosial dalam menyelami setiap permasalahan dan dapat memberikan solusi yang tepat berdasarkan prinsip dasar PMI.

Dalam sambutannya Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonitasari Popo, S.H. menyampaikan Harapannya dalam pelatihan ini agar dapat meningkatkan kapasitas personel PMI dalam pelayanan teknis kepalangmerahan dan manajemen tanggap darurat bencana dan situasi konflik secara cepat, tepat dan efektif serta terkoordinasi pada masa pandemi Covid-19.

Selanjutnya Ketua PMI OKU Selatan mengapresiasi dan berterima kasih kepada para Narasumber dan Penyelenggara Pelatihan Tanggap Darurat Bencana ini. Sebagaimana diketahui pelatihan tanggap bencana yang dilaksanakan oleh PMI OKU Selatan, maka kegiatan pelatihan manajemen tanggap bencana hendaknya dapat membawa dampak positif dan kemajuan bagi Kabupaten OKU Selatan dalam hal kepalangmerahan kedepannya.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan sangat mendukung terselenggaranya Pelatihan Seperti ini yang membawa dampak Positif dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk tugas kemanusian, hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abiasir, SP.,M.Si., dalam menyampaikan Sambutannya.

Wabub juga berharap PMI OKU Selatan dapat Bersinergi bersama Pemerintah OKU Selatan sehingga dapat menuntaskan semua bencana yang terjadi di  kabupaten OKU Selatan, dan bermanfaat untuk masyarakat dalam tugas kemanusian.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal September 21, 2021 19:13

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN