PEMKAB OKU SELATAN TERUS MENDUKUNG KEMAJUAN PARA PELAKU UMKM DI OKU SELATAN

portal
By portal September 13, 2021 14:42

PEMKAB OKU SELATAN TERUS MENDUKUNG KEMAJUAN PARA PELAKU UMKM DI OKU SELATAN

Muaradua (13/09) Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Joni Rafles, AP., M.Si. Pimpin Focus Group Discussion (FGD) Penelitian Komoditas, Produk dan Jenis Usaha (KPJU) Unggulan di Wilayah Kabupaten OKU Selatan Tahun 2021, Senin (13/09/2021).

Bank Indonesia bekerja sama dengan Universitas Negeri Sriwijaya Sumatera Selatan mengadakan Penelitian KPJU UMKM di wilayah OKU Selatan. Penelitian ini  dipimpin oleh Dr.Imam Asngari, S.E., M.Si. Tim Peneliti KPJU Unsri.

Dalam Sambutan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Joni Rafles, AP., M.Si. menyampaikan ucapan trimaksih telah terlaksana Kegiatan ini serta menyambut baik FGD digelar dan kegiatan penelitian yang dilakuka oleh Tim Peneliti KPJU Unsri. Menurutnya, ini akan menjadi kegiatan positif karena dapat mendorong berkembangnya UMKM dan mengenalkan produk yang ada di OKU Selatan hingga ke manca Negara.

Selanjutnya dapat memajukan UMKM dan berdaya saing tinggi, semakin banyak UMKM yang tumbuh, semakin banyak pula lapangan pekerjaan yang ditawarkan. Sehingga kedepan, program-program pemberdayaan UMKM itu harus lebih fokus, tepat sasaran dan berkesinambungan.

“Selain itu juga Asisten I mengingatkan bagaimana para pelaku usaha itu, khususnya yang kategori mikro dapat naik kelas menjadi skala usaha kecil, yang skala usaha kecil naik kelas menjadi menengah atau bahkan menjadi skala usaha besar. Artinya kita harus punya basis data yang update, sehingga kita tahu, UMKM mana yang perlu kita dorong, UMKM mana yang mempunyai potensi produknya bisa dipasarkan lebih luas,  produk-produk UMKM itu jangan hanya didalam OKU Selatan saja, tetapi harus kita dorong agar bisa tembus ke pasar-pasar regional bahkan nasional,” ujarnya.

Dalam Paparan Dr.Imam Asngari, S.E., M.Si. sebagai Ketua Tim Peneliti KPJU menjelaskan Kajian Komuditas, Produk dan Jenis Usaha ( KPJU) Unggulan Kabupaten OKU Selatan menjelaskan hasil penelitian nantinya dapat menjadi acuan untuk melangkah, mengembangkan produk usaha unggulan yang dapat menunjang perekonomian.

Adapun Latar Belakang Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional memiliki peran yang penting dan strategis. Kondisi tersebut dapat dilihat dari berbagai data yang mendukung bahwa eksistensi UMKM cukup dominan dalam perekonomian Indonesia salah satunya di OKU Selatan.

Manfaat dari penetapan KPJU unggulan ini, untuk mendapatkan informasi mendasar untuk pembinaan dan pengembangan UMKM. Kemudian komoditas unggulan ditetapkan agar fokus dalam perumusan kebijkana dan program untuk pembinaan dan pengembangan UMKM, yakni pengembangan ekonomi wilayah, penyerapan tenaga kerja dan peningkatan daya saing,”

Bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah, Tutur hadir Staf Ahli Bupati, Kepala Bappeda Litbang, Para OPD, Kabag Perekonomian dan SDA, Kabag Hukum,, Kepala BPS, Perwakilan Pelaku UMKM (3 Orang) serta Tim Peneliti KPJU Unsri.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal September 13, 2021 14:42

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
25 September, 2021, 1:14 pm
 

Berawan sebagian
29°C
flik: 35°C
barr: 1010 mb
winds: 2 m/s UT
matahari terbit: 5:51 am
matahari tenggelam: 5:59 pm
Ramalan 25 September, 2021
siang
 

Cerah hingga sebagian berawan dgn petir
29°C
winds: 1 m/s T
malam
 

Hujan dan petir
22°C
winds: 1 m/s B
More forecast...