KAJIAN SEMPADAN DANAU RANAU JADI UPAYA MENJAGA KELESTARIAN DANAU RANAU

portal
By portal August 19, 2021 16:47

KAJIAN SEMPADAN DANAU RANAU JADI UPAYA MENJAGA KELESTARIAN DANAU RANAU

WARKUK RANAU SELATAN – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) yang diwakili oleh pihak Kecamatan Warkuk Ranau Selatan menerima kunjungan tim dari Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII, Kamis (19/08/2021) pagi. Kegiatan ini dalam rangka Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) atau kajian Sempadan Danau Ranau.

Sebagaimana diketahui, Danau Ranau sendiri menyentuh dua Provinsi yaitu Sumatera Selatan dan Lampung. Di mana, Provinsi Sumatera Selatan yaitu berada di Kabupaten OKU Selatan dan Lampung yang berada di Kabupaten Lampung Barat.

Danau Ranau ini juga memiliki beberapa fungsi selain sebagai tempat wisata yaitu sebagai fungsi transportasi dan irigasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Untuk melindungi Danau Ranau agar fungsinya dapat terus berkelanjutan maka kajian ini dianggap Peru dilakukan.

Perwakilan dari Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII, Ir Habib Wijaksana dalam kesempatan itu menerangkan, kegiatan ini dilakukan untuk mengumpulkan data yang diperlukan baik itu data sekunder maupun data primer serta data mengenai pemanfaatan bantaran Danau Ranau. “Hal ini dilakukan sebagai kegiatan perlindungan, pengendalian atas Sumber Daya yang ada pada danau tersebut,” katanya.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan nilai manfaat dari Danau Ranau serta kerusakan yang dapat diatasi. Untuk itu, salah satu sasaran dari kegiatan ini yaitu konservasi lahan, tersedianya cadangan air tanah dan tertampungnya air hujan dan air permukaan untuk kebutuhan akan air baku.

Terkait hal ini, Camat Banding Agung mengungkapkan agar apa yang menjadi tujuan dan harapan dari kegiatan ini dapat betul-betul terlaksana dengan baik dan menjaga Danau Ranau. Karena, Danau Ranau sendiri menjadi salah satu ikon dari Kabupaten OKU Selatan sehingga hal ini diharapkan dapat terus menjaga berbagai hal mengenai Danau Ranau.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal August 19, 2021 16:47

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
25 September, 2021, 2:24 pm
 

Berawan
29°C
flik: 36°C
barr: 1010 mb
winds: 2 m/s UT
matahari terbit: 5:51 am
matahari tenggelam: 5:59 pm
Ramalan 25 September, 2021
siang
 

Cerah hingga sebagian berawan dgn petir
29°C
winds: 1 m/s T
malam
 

Hujan dan petir
22°C
winds: 1 m/s B
More forecast...