SEKRETARIS DAERAH BERSAMA KETUA DEKRANASDA KABUPATEN OKU SELATAN HADIRI RAPAT KOORDINASI TERKAIT PAKAIAN TRADISIONAL KHAS KABUPATEN OKU SELATAN.

portal
By portal March 30, 2021 19:06

Muaradua (30/03) Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan H. Romzi, S,E., M.Si., bersama Ketua Dekranasda Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonetasari Popo hadiri Ketua Dekranasda Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonetasari Popo OKU Selatan hadiri Rapat Koordinasi Membahas terkait Masalah Salah Satu Pakaian Tradisional Khas Kabupaten OKU Selatan, Selasa (30/03/2021).

Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan, turut hadir Wakil Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan Rosita Devi Sholihin, Ketua Pelaksana Dewan Pembina Adat kabupaten OKU Selatan, Ketua dan Koordinator Adat, Ketua dan Bendahara Pemangku Adat Kecamatan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Bappeda Litbang, Kepala Diskoperindag, Kepala Kesbangpol, Kabag Hukum, Penggiat Budaya dan Budayawan serta undangan lainnya.

“Dalam paparan yang disampaikan Hendra Fatinama sebagai Penggiat seni budaya dan UMKM OKU Selatan menyampaikan pertemuan kali ini dengan agenda Pembahasan Busana resmi Daerah OKU Selatan, Sejak berdiri nya OKU Selatan belum diperdakan yang mana Busana Resmi OKU Selatan, untuk itu melalui Rembuk adat yg di ikuti oleh seluruh dewan adat Se-OKU Selatan di sepakati Pakaian resmi daerah, kemudian dari pada itu pada kesempatan ini diperkenalkan kain khas OKU Selatan yaitu kain kawai kanduk dan Kayu Aro yang sudah terdaftar di HKI,” ujarnya.

“Pada kesempatan yang sama ditambahkan juga oleh Orpen Malhadi sebagai Penggiat Seni dan Budaya OKU Selatan menyampaikan Kain kawai kanduk merupakan kain etnik OKU selatan yang angkat dari peninggalan kain tradisional yang di perbaharui menjadi lebih indah. Memiliki makna dan filosofi yang menggambarkan keagungan,  kejayaan, keindahan OKU Selatan, Kain kayu aro di angkat dari motif umbak umbak pedandanan Ranau yang sudah turun temurun di lestarikan oleh masyarakat Ranau, kain ini juga melambangkan keindahan dan Kejayaan OKU Selatan,” Sambung Orpen.

Ketua Dekranasda Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonetasari Popo juga menyampaikan sambutannya dengan mengcuap rasa bangga dengan karya Penggiat Seni dan Budaya di OKU Selatan, dengan salah satu  karya Kain Kawai Kanduk dan Kayu Aro, bahwasanya Kabupaten satu- satunya di Sumatera Selatan yang mempunyai kain ciri Khas yang berbeda dari Kabupaten lain.

Selanjutnya Sekretaris Daerah juga mengatakan atas Nama Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, akan terus mendukung niat baik kita semua, semoga apa yang kita bahas pada kesempatan ini terkait Pakaian Tradisional Khas Kabupaten akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Kabupaten OKU Selatan, dan harapan kita semoga karya Penggiat Seni dan Budaya di OKU Selatan ini dapat menjadikan identitas Kabupaten OKU Selatan sehingga menjadi Kabupaten yang maju dan berbeda dari Kabupaten lain.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal March 30, 2021 19:06

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
5 July, 2022, 7:58 am
 

Cerah hingga sebagian berawan
23°C
flik: 27°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s UB
matahari terbit: 6:13 am
matahari tenggelam: 6:04 pm
Ramalan 5 July, 2022
siang
 

Berawan dan petir
32°C
winds: 1 m/s B
malam
 

Hujan dan petir
21°C
winds: 1 m/s B
More forecast...