PEMKAB OKU SELATAN IKUTI RAKERNAS TERKAIT AKSELERASI TRANSFORMASI DIGITAL PENGEMBANGAN SDM MELALUI LITERASI DIGITAL

portal
By portal February 24, 2021 12:06

PEMKAB OKU SELATAN IKUTI RAKERNAS TERKAIT AKSELERASI TRANSFORMASI DIGITAL PENGEMBANGAN SDM MELALUI LITERASI DIGITAL

Muaradua (24/02) Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda OKU Selatan Arson abadi, S.K.M.,M.Si., ikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akselerasi Transformasi Digital Pengembangan SDM Melalui Literasi Digital, secara virtual, Rabu (24/02/2021).

Bertempat di Ruang Vidcon Diskominfo OKU Selatan, turut mendampingi, Kepala Dinas Pendidikan OKU Selatan Zulfakar Dhani, S.Sos, Sekretaris BKPSDM OKU Selatan Erwan Herawan, S.T.,M.M.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan keterbukaan informasi publik menjadi modal untuk mewujudkan pemerintahan digital Indonesia. Menurut Menteri Kominfo, sesuai amanat Perpres Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Indonesia telah mengadopsi beragam inovasi teknologi dalam upaya pelayanan kepada publik yang lebih optimal, efektif, dan efisien.

“Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk tidak lagi terbatas pada adopsi teknologi semata, kita dituntut untuk mensukseskan implementasi e-government menuju digital government. Dalam hal ini, pemanfaatan data dan informasi dalam pengambilan kebijakan menjadi prasyarat yang utama untuk mewujudkannya,” ujarnya.

Menteri Kominfo juga menyampaikan pandemi Covid-19 telah mendorong perubahan tatanan kehidupan masyarakat serta tata laku pemerintahan. Mengutip hasil temuan Masyarakat Telekomunikasi Indonesia (MASTEL), Menteri Kominfo menyatakan adanya peningkatan penggunaan internet fixed broadband sebesar 28% di kuartal kedua tahun ini. “Momentum tersebut menjadi titik di mana transformasi digital nasional menjadi kian mendesak untuk dilakukan,” tandasnya.

Selanjutnya Menteri Kominfo menegaskan pemenuhan kebutuhan akan informasi dan data masih membutuhkan upaya berkesinambungan guna mewujudkan pemerintahan digital. “Perjalanan kita masih panjang. Kebutuhan publik terhadap informasi yang akurat harus terus dijamin pemenuhannya. Upaya berkesinambungan pun perlu terus dilakukan melalui beragam program untuk mewujudkan digital government, seperti melalui inisiatif Satu Data Indonesia yang didukung dengan Pendirian Pusat Data Nasional,” ungkapnya.

Menteri Kominfo menyatakan guna mewujudkan pemerintahan digital yang terbuka, berkolaborasi dengan berbagai stakeholder terkait, telah mendorong beragam terobosan dan upaya dalam penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, serta dukungan implementasi praktis bagi lembaga negara dalam adopsi teknologi digital. “Hal ini dilakukan dengan fasilitasi penyampaian informasi publik terkait penanganan pandemi bersama berbagai media dan beragam platform media sosial, serta dukungan pemanfaatan telekomunikasi dan informatika kepada berbagai kementerian dan lembaga terkait,” Jelasnya.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal February 24, 2021 12:06

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN