DAPAT IZIN MENDAGRI, BUPATI-WABUP OKU SELATAN TERPILIH DILANTIK LANGSUNG GUBERNUR DI PALEMBANG

portal
By portal Februari 24, 2021 19:26

DAPAT IZIN MENDAGRI, BUPATI-WABUP OKU SELATAN TERPILIH DILANTIK LANGSUNG GUBERNUR DI PALEMBANG

PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) kembali menghadiri rapat pemantapan terkait kegiatan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Graha Bina Praja Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Palembang, Rabu (24/02). Hasilnya, diketahui rapat yang awalnya diwacanakan akan digelar secara virtual (jarak jauh) kini rencananya akan digelar secara langsung.

Meski demikian, kegiatan ini tetap akan menerapkan protokol kesehatan ketat untuk menghindari penularan virus corona. Hal ini dipastikan setelah Kemendagri mengizinkan Gubernur Sumsel, H Herman Deru untuk melantik secara langsung Bupati-Wakil Bupati terpilih yang akan dilaksanakan di Griya Agung Palembang pada Jumat 26 Februari 2021 tersebut.

Pada rapat tersebut juga diketahui yang diperkenankan untuk hadir dalam rapat tersebut juga terbatas seperti Bupati-Wakil Bupati beserta istri, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Agama, serta Sekretaris Daerah (Plh. Bupati).

Untuk mengantisipasi undangan yang tidak bisa hadir langsung dalam acara tersebut, panitia berencana akan menyiapkan dua titik untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Tak hanya itu, kegiatan ini juga rencananya dapat disaksikan langsung oleh masyarakat secara live streaming.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru menyampaikan bahwa pelantikan akan dilakukan secara langsung dan telah mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Salah satu yang menjadi pertimbangan terkait izin pelaksanaan pelantikan langsung ini diantaranya terkait masalah sinyal.

Herman Deru menyebut dirinya sengaja meminta izin kepada Mendagri untuk tidak menggelar pelantikan secara virtual karena tak ingin momen sakral terganggu gara-gara kendala teknis. “Saya minta izin agar secara langsung atau tatap muka, pertimbangan saya khawatir ada gangguan sinyal saat pelantikan,” ungkap Deru.

Pertimbangan lain adalah tetap akan menimbulkan kerumunan massa di daerah jika pelantikan digelar secara virtual. Sementara pelantikan langsung hanya menghadirkan kepala daerah terpilih dan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
“Kerumunan massa di daerah pasti tidak terkendali, makanya lebih baik langsung tetapi undangan dibatasi,” kata dia.

Enam kepala daerah yang bakal dilantik adalah Bupati dan Wakil Bupati OKU, OKU Selatan, OKU Timur, Ogan Ilir, Musi Rawas, dan Musi Rawas Utara. Pada hari yang sama juga, Herman Deru akan melantik penjabat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir untuk mengisi kekosongan kepemimpinan kepala daerah.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal Februari 24, 2021 19:26

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
18 Mei, 2022, 5:37 pm
 

Berawan
28°C
flik: 32°C
barr: 1010 mb
winds: 2 m/s BSB
matahari terbit: 6:03 am
matahari tenggelam: 5:57 pm
Ramalan 18 Mei, 2022
siang
 

Berawan dan petir
32°C
winds: 1 m/s T
malam
 

Berawan
22°C
winds: 0 m/s B
More forecast...