PEMKAB OKU SELATAN IKUTI RAPAT KOORDINASI PROGRAM PENCEGAHAN KORUPSI TERINTEGRASI 2021

portal
By portal February 16, 2021 15:29

PEMKAB OKU SELATAN IKUTI RAPAT KOORDINASI PROGRAM PENCEGAHAN KORUPSI TERINTEGRASI 2021

Muaradua (16/02) Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan H. Romzi, S.E.,M.Si. ikuti Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi 2021 melaui video Conference yang diselenggarakan oleh KPK RI, Selasa (16/02/2020).

Bertempat di Ruang Video Conference Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan, Rakor yang juga diikuti oleh Inspektorat Kabupaten OKU Selatan ini, diselenggarakan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana rencana aksi yang sudah dijalankan, sejauh mana progres yang dilakukan, serta faktor apa saja yang bisa menghambat pelaksanaannya pada tingkat Provinsi/kabupaten/kota di Sumsel.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan H. Nasrun Umar dalam Video Conference ini mengatakan bahwa seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota harus mendukung Tim KPK untuk melakukan evaluasi program rencana aksi KPK, guna mendorong penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang lebih transparan dan akuntabel.

Sekda Provinsi Sumsel juga menyebutkan bahwa aksi pemberantasan korupsi terintegrasi ini merupakan sistem pelaporannya melalui aplikasi MCP (Monitoring Centre for Prevention) Koordinasi supervisi pencegahan (Korsupgah) yang terdiri dari sektor yang terdiri dari perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), kapabilitas aparat pengawas intern pemerintah (APIP), manajemen ASN dan dana desa. Kemudian optimalisasi pendapatan daerah serta manajemen aset daerah.

“Kami, Pemprov Sumsel mendukung sepenuhnya tim KPK RI untuk melakukan evaluasi sejauh mana program rencana aksi KPK telah kami laksanakan, semoga program ini mendorong penyelenggaraan pemerintah daerah yang lebih transparan dan akuntabel dapat terwujud,” ucapnya

Menurutnya, Aksi ini memberikan standar kepada pemerintah daerah dalam membangun suatu kerangka kerja untuk memahami elemen-elemen risiko korupsi berdasarkan sektor, wilayah atau instansi yang rentan terhadap korupsi.

“Berdasarkan hasil verifikasi strategi nasional pencegahan korupsi (Stranas PK) dan MCP (Monitoring Center for Prevention) KPK tahun 2020 dilaporkan bahwa realisasi capaian Progress Stranas PK Pemerintah Provinsi Sumsel sebesar 89,06% dan capaian MCP Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebesar 79,38%” tutupnya

Koordinator Korsupgah KPK RI Wilayah IV Asep Rahman melaporkan progres pencegahan KPK di Sumsel dengan
agenda diataranya capaian Sertifkasi Tanah Pemda & PT PLN (Persero), Penerbitan Aset, Penyerahan PSU, Pemanfaatan Aset Lapangan Golf Kenten,
Pemanfaatan Tanah Eks Berhersterrein, Optimalisasi PBB KB Perairan, Host to Host BPHTB dan Whistleblowing System.

Turut hadir Para Bupati/Walikota se – Sumsel, Direktur Koordinasi dan Supervisi KPK Wilayah II , Yudiawan Wibisono, Kasatgas Koordinasi dan Supervisi KPK Wilayah II, Nana Mulyana dan para Kepala OPD Prov. Sumsel.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal February 16, 2021 15:29

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN