PEMERINTAH KABUPATEN OKU SELATAN IKUTI RAKOR BERSAMA KEMENDAGRI TERKAIT PILKADA TAHUN 2020

portal
By portal October 3, 2020 08:45

PEMERINTAH KABUPATEN OKU SELATAN IKUTI RAKOR BERSAMA KEMENDAGRI TERKAIT PILKADA TAHUN 2020

Muaradua (02/10) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan ikuti Rapat Koordinasi melalui Video Conference dalam rangka Analisa dan Evaluasi (Anev) Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak Tahun 2020 bersama Kementerian Dalam Negeri. Jumat (02/10/2020).

Bertempat di Ruang Video Conference Diskominfo OKU Selatan, Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik OKU Selatan bapak A. Verry Wijaya,S.Ip., Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik H. Arson Abadi.

Rakor melalui vidcon ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Pesertanya berasal dari daerah yang melaksanakan pemilihan serentak pada Desember mendatang termasuk Kabupaten OKU Selatan.

Rakor ini dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD, didampingi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dan Kepala Satgas Covid-19.

Narasumber dari Rakor ini yakni Komisioner KPU RI, Bawaslu RI, Perwakilan BIN, Kababinkum TNI, Waasops Pang TNI Marsma Jorry, Wakapolri, dan Jaksa Agung.

Dalam rapat tersebut, Menkopolhukam, Mendagri, beserta narasumber lainnya, memberikan pengarahan kepada Pemerintah Daerah, KPU Kabupaten/kota, Bawaslu kabupaten/Kota yang wilayahnya melaksanakan pemilihan serentak tahun 2020.

Pada Kesempatan ini, Kepala Satgas Penanganan Covid-19 memaparkan Penanganan Covid-19 Menuju Pilkada Sehat dan Berbudaya, dan juga menjelaskan tentang persepsi masyarakat tentang risiko terhadap Covid-19 dan Perbandingan Zonasi Risiko Daerah Pilkada vs Non-Pilkada.

Pemaparan dilanjutkan oleh Mendagri, yang meminta Forkopimda menjadikan momentum Pilkada kali ini sebagai sarana memobilisasi masyarakat untuk menjadi agen perlawanan Covid-19.

“Ini momentum bagi rekan-rekan Kepala Daerah yang definitif untuk menggerakkan memobilisasi masyarakat untuk melawan Covid-19 dengan memanfaatkan para paslon (pasangan calon) dan para tim suksesnya ini menjadi agen-agen perlawanan Covid-19,” ujar Tito Karnavian.

Mendagri juga menegaskan kepada KPU agar tema Pilkada dapat berkaitan dengan Covid-19, yakni tentang “Peran Kepala Daerah Dalam Penanganan Covid-19 dan Dampak Sosial Ekonominya” dan menekankan agar mengadakan Rapat Koordinasi untuk membangun sinergi.

Setelah itu, Menkopolhukam merangkum poin-poin rapat Koordinasi Analisa dan Evaluasi (Anev) Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak Tahun 2020. Pertama, bahwa sampai saat ini proses pelaksanaan kampanye Pilkada masih berjalan lancar. Kemudian zona merah daerah yang melaksanakan Pilkada juga berkurang dari 45 kabupaten/kota menjadi 29 kabupaten/kota.

Akan tetapi pada Daerah yang tidak melaksanakan Pilkada Zona Merah mengalami penambahan semula 25 Kabupaten/Kota menjadi 33 Kabupaten/Kota. Sehingga kuncinya adalah mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal October 3, 2020 08:45

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN