INFORMASIKAN PERKEMBANGAN COVID-19 DI OKU SELATAN, GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN OKU SELATAN GELAR PRESS RELEASE KEDUA

portal
By portal April 19, 2020 15:27

INFORMASIKAN PERKEMBANGAN COVID-19 DI OKU SELATAN, GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN OKU SELATAN GELAR PRESS RELEASE KEDUA

Muaradua (19/04) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten OKU Selatan menggelar Press Release Ke Dua dalam rangka menginformasikan terkait perkembangan Covid-19 di Kabupaten OKU Selatan, (Minggu/19/04/2020).

Press Release yang digelar di Guest House Pemkab OKU Selatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Sekretaris Gugus Tugas Dony Agusta, SKM.,M.M. turut hadir Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Covid-19 OKU Selatan Marlis Abadi, SKM.,M.M. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Firman Bastari, S.STP.,M.Si. dan Para Rekan Media di Kabupaten OKU Selatan.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 OKU Selatan dalam kesempatan ini menjelaskan bahwasannya untuk jumlah ODP di Kabupaten OKU Selatan per tanggal 19 April 2020 berjumlah 192 Orang, 140 selesai pemantauan, dan 52 masih dalam pemantauan. Sedangkan untuk PDP di Kabupaten OKU Selatan sendiri seperti diketahui berjumlah 3 orang, setelah menjalani perawatan di RSUD Muaradua dan menjalani serangkaian rapid tes hasilnya dinyatakan 3 orang ini negatif. Untuk saat ini 3 orang ini telah dirumahkan.

Marlis menyampaikan, dari 19 Kecamatan yang ada untuk ODP yang tertinggi ada di Puskesmas Muaradua berjumlah 29 orang dan yang paling terendah di Puskesmas Simpang berjumlah 2 orang.

Sedangkan untuk Warga OKU Selatan yang sempat kontak langsung dengan dr.R berjumlah 19 orang, 14 sudah menjalani rapid tes 2 kali, dan Alhamdulillah hasilnya negatif. Tersisa 5 orang dari wilayah Kecamatan Muaradua Kisam masih menunggu 10 hari untuk hasil rapid tes yang kedua.

Selanjutnya, juga ada Warga OKU Selatan yang sempat kontak langsung dengan dr.M yang merupakan dokter Spesialis Penyakit Dalam di salah satu Rumah Sakit di Kota Palembang, dan dr. M sendiri menurut informasi telah positif Covid-19. 4 orang warga OKU Selatan yang sempat kontak langsung untuk berobat dan konsultasi USG ini telah menjalani rapid tes pertama dengan hasil negatif. Untuk selanjutnya 4 orang ini masih menunggu hasil rapid tes kedua.

Dalam kesempatan ini Jubir Gugus Tugas Covid-19 OKU Selatan menjelaskan bahwa Gugus Tugas telah melaksanakan pembagian APD kepada 7 Posko yang ada di Kabupaten OKU Selatan diantaranya, Posko Terminal Muaradua, Posko Simpang, Posko Warkuk Ranau Selatan, Posko Tiga Dihaji, Posko Pulau Beringin, Posko Runjung Agung, dan Posko Buay Pemaca. Selanjutnya, Gugus Tugas bersama TNI Polri juga telah membuka Dapur Umum untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 dan para ODP. Membagikan Masker ke seluruh Kecamatan, dan pembagian masker serta vitamin ke keluarga ODP di 19 Kecamatan. Terakhir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten OKU Selatan juga telah membuka donasi untuk penanggulangan dampak dari Covid-19 di Kabupaten OKU Selatan.

Sekretaris Gugus Tugas juga menjelaskan bahwasannya desa-desa yang ada di 19 Kecamatan sangat aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ini. Dari data yang diterima Gugus Tugas jumlah orang yang datang sampai hari ini berjumlah 40.859 orang, dan bisa sampai 1000-2000/hari. Dalam hal ini Gugus Tugas terus berupaya semaksimal mungkin agar kondisi wilayah OKU Selatan tetap kondusif dengan action di lapangan, diantaranya melaksanakan screening di tiap pintu masuk, dan membagikan masker sembari mengedukasi masyarakat untuk selalu menggunakan masker dan tetap berada di rumah. Tidak hanya itu Tim kesehatan Gugus Tugas juga mendatangi setiap rumah warga yang memang terdapat orang dengan gejala Covid-19.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal April 19, 2020 15:27

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN