RAPAT KHUSUS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 DI WILAYAH KABUPATEN OKU SELATAN, WABUP : PENYEBARAN VIRUS CORONA YANG MASUK DARI LUAR DAERAH HARUS SELALU DIAWASI SEMAKSIMAL MUNGKIN. GUNA MENJARING PARA PENDATANG, POSKO PENCEGAHAN COVID-19 DI KECAMATAN SIMPANG DIBERLAKUKAN 1 X 24 JAM

portal
By portal March 29, 2020 07:28

RAPAT KHUSUS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 DI WILAYAH KABUPATEN OKU SELATAN, WABUP : PENYEBARAN VIRUS CORONA YANG MASUK DARI LUAR DAERAH  HARUS SELALU DIAWASI SEMAKSIMAL MUNGKIN. GUNA MENJARING PARA PENDATANG, POSKO PENCEGAHAN COVID-19 DI KECAMATAN SIMPANG DIBERLAKUKAN 1 X 24 JAM

Muaradua (28/03) Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir, SP.,M.Si. pimpin langsung Rapat Khusus terkait Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Wilayah Kabupaten OKU Selatan, Sabtu (28/03/2020). Rapat khusus ini digelar di Pendopoan Rumah Dinas Bupati OKU Selatan, dan diikuti oleh Wakapolres OKU Selatan, Kepala Kantor Kementerian Agama OKU Selatan, Direktur RSUD Muaradua, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Perhubungan, Ketua MUI OKU Selatan, Ketua NU OKU Selatan, Ketua Forpes OKU Selatan, dan Ketua Muhammadiyah OKU Selatan.

Terkait pengetahuan, kondisi perkembangan, dan penanganan Covid-19 di Kabupaten OKU Selatan, Wakil Bupati OKU Selatan dalam arahannya mengatakan bahwa saat ini Pemerintah menyatakan dalam Siaga Darurat, hal ini dilakukan sebagai upaya menangani penyebaran Virus Corona yang masuk dari luar daerah, dan harus selalu diawasi semaksimal mungkin.

Wakil Bupati mengungkapkan, bahwa upaya dalam pencegahan Covid-19 ini harus ada persiapan-persiapan yang harus dipenuhi, dan ini menjadi urusan kita bersama. Dengan harapan apa yang menjadi peraturan Pemerintah untuk di respon. “Menjaga jarak aman, hidup sehat dan selalu berdoa. Sehingga penyebaran ini bisa di stop untuk kebahagiaan bersama,”ungkap Wabup.

Wabup juga meminta dukungan para tokoh Agama untuk menginformasikan ke masyarakat untuk melaksanakan ibadah shalat di rumah. Hal ini dilakukan guna menghindari penyebaran-penyebaran Covid-19 yang masuk ke wilayah Kabupaten OKU Selatan. Kakan Menag dalam kesempatan ini juga akan membuat surat edaran tentang berdoa bersama di rumah masing-masing agar Kabupaten OKU Selatan terhindar dari Wabah Penyakit COVID-19.

Dony Agusta, SKM.,M.M. selaku Kepala Pelaksana BPBD OKU Selatan, dalam laporannya sebagai Tim Gugus Tugas menyampaikan, bahwa terkait hasil laporan kegiatan penanganan Covid-19. terhitung dari tanggal 18 Maret sampai 28 Maret jumlah yang masuk ke Kabupaten OKU Selatan berjumlah 7.500 Orang. Diketahui ada 33 ODP dari 7.500, dalam pemantauan yang sembuh ada 5, dan 3 masih di rawat di RSUD Muaradua. Dony Agusta juga Berkoordinasi dengan Kepala Bagian Kesra dan MUI OKU Selatan terkait Himbauan Pelaksanaan Sholat Jumat di Kabupaten OKU Selatan ditiadakan dan digantikan Shalat Dzuhur.

Dalam laporannya juga Kepala Pelaksana BPBD menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten OKU Selatan telah mendirikan 7 Posko Pencegahan Covid-19 di beberapa wilayah perbatasan, yakni di Kecamatan Simpang, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan yang berbatasan dengan Provinsi Lampung, Buay Pemaca, Pulau Beringin, Tiga Dihaji. Untuk Posko di Kecamatan Simpang per 29 Maret 2020 akan diberlakukan 1×24 Jam. Posko ini didirikan untuk menjaring para pendatang dari luar sehingga penularan bisa dicegah. Tidak sampai disini, di 19 Kecamatan juga akan dilakukan penyemprotan Disinfektant, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan dr. Mery Asusti, dalam kesempatan ini juga menjelaskan, terkait perkembangan kesiapan tenaga ahli dalam menghadapi Covid-19, pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin. Kekurangan penambahan perlengkapan seperti masker pelindung keamanan akan terus diupayakan. Kebutuhan yang dibutuhkan RSUD Muaradua juga akan terus diupayakan.

Terkait hal ini Mery Astuti berharap kerja sama dari semua pihak, untuk bersama-sama melakukan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan oleh masyarakat dan selalu waspada serta jaga jarak aman. Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi OKU Selatan juga menghimbau para pelaku usaha Indomaret dan Alfamart untuk menjaga jarak bagi para konsumen yang berbelanja serta menyiapkan Hand Sanitizer.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal March 29, 2020 07:28

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
25 September, 2021, 12:38 pm
 

Berawan sebagian
29°C
flik: 35°C
barr: 1010 mb
winds: 2 m/s UT
matahari terbit: 5:51 am
matahari tenggelam: 5:59 pm
Ramalan 25 September, 2021
siang
 

Cerah hingga sebagian berawan dgn petir
29°C
winds: 1 m/s T
malam
 

Hujan dan petir
22°C
winds: 1 m/s B
More forecast...