MUSRENBANG RKPD TAHUN 2021, WAKIL BUPATI OKU SELATAN : “BUPATI HARAPKAN SELURUH PROGRAM DAN KEGIATAN TAHUN 2021 MEMILIKI BENEFIT DAN IMPACT TERHADAP MAYARAKAT KAB. OKU SELATAN DALAM RANGKA PERCEPATAN PENCAPAIAN VISI MISI DAERAH”

portal
By portal March 19, 2020 18:10

MUSRENBANG RKPD TAHUN 2021, WAKIL BUPATI OKU SELATAN : “BUPATI HARAPKAN SELURUH PROGRAM DAN KEGIATAN TAHUN 2021 MEMILIKI BENEFIT DAN IMPACT TERHADAP MAYARAKAT KAB. OKU SELATAN DALAM RANGKA PERCEPATAN PENCAPAIAN VISI MISI DAERAH”

Muaradua (19/03) Wakil Bupati OKU Selatan membuka secara langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (MUSRENBANG RKPD) Tahun 2021 Kabupaten OKU Selatan Tahun 2020, Kamis (19/03/2020). Kegiatan yang digelar di Pendopoan Gedung Dewan Kesenian Kabupaten OKU Selatan ini dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten OKU Selatan Heri Martadinata, S.E. Forkopimda, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Kasubbid Pelaksana dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Wilayah IV-B Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Kepala Bappeda Kabupaten Muaraenim, Kepala Bappeda OKU Timur, Kepala Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Camat, dan Para Kepala Desa Se Kabupaten OKU Selatan.

Dalam laporan Kepala Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan Natalion, S. STP.,M.Si. menyampaikan bahwa sebelum rangkaian acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tahun 2020 dimulai telah didahului dengan serangkaian acara Pra Musrenbang, yang meliputi penyusunan rancangan awal RKPD, Musrenbang Tingkat Kecamatan, penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten OKU Selatan dan Forum OPD Lintas Sektoral, dan dilaksanakan berbasis elektronik dengan berpedoman terhadap Peraturan Meter Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019.

Penyerapan usulan rencana program dan kegiatan tahun 2021 melalui Aplikasi Simppeda yang dimulai dari 15 Januari 2020 hingga kemarin telah menjaring usulan program dan kegiatan sebanyak 2.686 Sub Kegiatan dengan rincian 380 usulan pokok pikiran DPRD 1.344 usulan Musrenbang Kecamatan dan 27.657 usulan OPD.

Dalam kesempatan ini mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Pejabat Fungsional Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Hj. Sri Windayanti memaparkan Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Sumatera Selatan. Selanjutnya paparan dari Kasubbid Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Wilayah IV-B Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI Hilman Rosada, S. AP.,M.AP. terkait Permendagri No 90 Tahun 2019.

Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan mempunyai program memberikan penghargaan kepada Pemerintah Desa dan Perangkat Daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik. Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintahan Desa dan Perangkat Daerah dalam merencanakan dan mencapai target pembangunan. Dalam kesempatan ini diberikan kepada tiga Perencana OPD terbaik dan 3 Tiga Perencana Desa Terbaik.

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. yang dalan kesempatan ini dibacakan oleh Wakil Bupati OKU Selatan menyampaikan bahwasannya melalui Tema Pembangunan yaitu “Penerapan Ilmu Teknologi Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Daerah”, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan di tahun 2021 akan memperioritaskan diantaranya :
– Meningkatkan pelayanan publik yang cepat, tepat, mudah dan tidak berbelit-belit
– Peningkatan sistem berbasis elektronik yang berkualitas
– Menurunkan tingkat kemiskinan
– Terbangunnya Infrastruktur Strategis
– Berkembangnya Proses Inovasi Teknologi Pendukung Industri Olahan Hasil Pertanian
– Meningkatnya Produksi, Produktivitas, Nilai Tambah dan Pendapatan dari sektor pertanian, peternakan, perkebunan, periksa dan jasa pariwisata.

Bupati berharap seluruh program dan kegiatan tahun 2021 memiliki benefit dan impact terhadap masyarakat Kabupaten OKU Selatan dalam rangka percepatan pencapaian Visi dan Misi Daerah. Bupati juga berharap kepada seluruh Kepala Desa dan Lurah yang sempat hadir, agar program dan kegiatan yang dibiayai oleh Dana Desa dan Dana Kelurahan dapat mendukung Visi dan Misi Kabupaten OKU Selatan, yang mana APBD Kabupaten OKU Selatan telah dialokasikan Anggaran Dana Desa dan Dana Kelurahan yang cukup besar yakni 308 Milyar untuk 252 Desa dan 7 Kelurahan yang ada di Kabupaten OKU Selatan.

Terkait Covid-19 Bupati juga menyampaikan, bahwa WHO telah menetapkan status Covid-19 menjadi pandemi global dan Alhamdulillah Kabupaten OKU Selatan sampai saat ini belum terdeteksi Covid-19. Namun untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan Bupati meminta segenap stakeholder Pemerintah Kabupaten OKU Selatan bekerja keras menginformasikan dan mengedukasi masyarakat langkah-langkah pencegahan pemula virus Sars-Cov-2 dengan mengoptimalkan seluruh media informasi yang bisa digunakan.

Musrenbang Kabupaten OKU Selatan Tahun 2020 ini juga disi dengan Launching Aplikasi Simpatik Kabupaten OKU Selatan, dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Musrenbang RKPD Tahun 2021.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal March 19, 2020 18:10

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
22 October, 2020, 1:45 pm
 

Berawan
28°C
flik: 35°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s U
matahari terbit: 5:41 am
matahari tenggelam: 5:55 pm
Ramalan 22 October, 2020
siang
 

Hujan dan petir
29°C
winds: 0 m/s TUT
malam
 

Berawan
22°C
winds: 0 m/s SB
More forecast...