ASISTEN I BIDANG PEMERINTAHAN DAN KESRA BUKA RAKOR FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA KABUPATEN OKU SELATAN TAHUN 2019

portal
By portal December 11, 2019 19:52

ASISTEN I BIDANG PEMERINTAHAN DAN KESRA BUKA RAKOR FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA KABUPATEN OKU SELATAN TAHUN 2019

Muaradua (11/12) Mewakili Bupati OKU Selatan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Joni Rafles, AP., M.Si. secara resmi membuka Rapat Koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tingkat Kabupaten OKU Selatan Tahun 2019, Rabu (11/12/319)

Rakor yang berlangsung di Aula Pemkab OKU Selatan ini, selain dihadiri oleh Asisten I, Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kapolres OKU Selatan AKBP Deny Agung Andriana, S.I.K., DPRD, FKPD, Para Kepala OPD, Para Camat, Pengurus FKUB serta undangan lainnya.

Dalam Laporannya Kepala Kesbangpol Verry Wijaya, S.Ip melaporkan, tujuan dari rakor ini guna meningkatkan peran dan fungsi FKUB dalam hal deteksi dini dan meredam potensi konflik di daerah, mencegah penyebaran paham radikalisme, serta mendorong pengurus untuk dapat berperan aktif dalam menciptakan suasana rukun dan damai.

FKUB dalam melaksanakan tugas dan fungsinya menjaga dan memelihara toleransi antar umat beragama dan kelompok masyarakat serta mendukung suksesnya pembangunan dan pelaksanaan Pilkada tahun 2020.

Terkait hal ini, Asisten I mengatakan Rakor ini dapat meningkatkan kerukunan dalam beragama serta mencegah munculnya aliran sempalan dan radikalisme.

”Saya berharap banyak hal yang kita sama sama diskusikan untuk kemaslahatan masyarakat kabupaten OKU Selatan, terutama masalah penyebaran hoax yang dapat menimbulkan perpecahan dan toleransi antar umat beragama,”ujarnya

Beliau juga mengharapkan FKUB Kabupaten OKU Selatan tetap berkomitmen dan memberikan kontribusi yang nyata dalam menciptakan kondisi yang kondusif dan aman tentunya dalam konteks merawat kebhinekaan dan menjalin komunikasi internal antar umat beragama dan pemerintah.

”FKUB harus mampu menepis dan menanggapi isu-isu yang sangat sensitif yang berpotensi menimbulkan perpecahan, salah satunya isu agama dimana harus bijak dalam merespon isu tersebut, terutama saring dulu agar tidak menimbulkan dampak negatif terhadap kerukunan beragama,” tutup Asisten I.

Semoga dengan adanya rakor ini dapat meningkatkan pemahaman tentang FKUB di Kabupaten OKU Selatan, serta terciptanya keharmonisan dan saling pengertian diantara umat beragama.

Dalam rakor ini juga menghadirkan beberapa narasumber, yang berasal dari Polres OKU Selatan, Kejaksaan OKU Selatan, Kodim 0403 OKU, dan Kemenag Kabupaten OKU Selatan.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal December 11, 2019 19:52

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN