DARI PROGRAM PEMERINTAH PROVINSI SUMSEL, 10 DESA DI OKU SELATAN AKAN NIKMATI INTERNET DESA DENGAN KECEPATAN 5 MBPS SETIAP BULANNYA

portal
By portal November 12, 2019 08:57

DARI PROGRAM PEMERINTAH PROVINSI SUMSEL, 10 DESA DI OKU SELATAN AKAN NIKMATI INTERNET DESA DENGAN KECEPATAN 5 MBPS SETIAP BULANNYA

Muaradua (11/11) 10 Desa di Kabupaten OKU Selatan termasuk dalam daftar penerima program Internet Desa yang telah di launching langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, Senin (11/11/2019).

Bertempat di Ballroom Novotel Palembang, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumsel telah melauncing Internet Desa di 170 Desa guna wujudkan Pemerataan Pembangunan.

Mewakili Bupati OKU Selatan Popo Ali M., B.Com., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan Firman Bastari, S.STP., M.Si. turut hadir dalam Launcing Internet Desa tahap awal ini.

Turut mendampingi Para Camat dan 10 Kepala Desa yang mendapatkan jatah Internet Gratis di Kabupaten OKU Selatan. Diantaranya;
1. Desa Simpang Pancur (Kec. Pulau Beringin)
2. Desa Tanjung Bulan (Kec. Pulau Beringin)
3. Desa Karang Agung (Kec. Simpang)
4. Desa Merbau (Kec. Banding Agung)
5. Desa Sipatuhu (Kec. Banding Agung)
6. Desa Suka Negeri (Kec. Banding Agung)
7. Desa Tanjung Kurung (Kec. Krunjung Agung)
8. Desa Bayur Sugihan (Kec. Muaradua Kisam)
9. Desa Mekar Sari (Kec. Warkuk Ranau Selatan)
10. Desa Padang Ratu (Kec. Buay Pematang Ribu Ranau Tengah).

Desa Penerima layanan internet gratis ini merupakan desa-desa yang telah lulus studi kelayakan dan kesiapan infrastruktur dilapangan, dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel bekerjasama dengan PT. ICON+ berhasil membangun titik-titik hotspot yang akan digunakan untuk akses internet gratis di desa.

Dengan dukungan PT. ICON+ dan memanfaatkan jaringan listrik PLN yang telah terpasang ke desa-desa, masing-masing desa akan dijatahi dua titik hotspot atau pancaran akses internet gratis dan dijatahi kecepatan internet 5 Mbps setiap bulannya.

Dengan begitu, Desa yang belum terjangkau jaringan internet di Sumsel tidak lama lagi akan merasakan akses internet di desanya melalui program Internet Desa.

Pada tahun 2019 ini, sebagai tahap awal terdapat 170 Desa yang akan mendapat Web Desa dan terintegrasi dengan Internet Desa. Web Desa bertujuan agar setiap Desa dapat mempromosikan potensi unggulan UMKM desa dan mendapat informasi dari sana.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan dengan adanya Internet Desa, masyarakat desa bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan yang positif, seperti memasarkan UMKM hasil-hasil kerajinan, hasil bumi, pariwisata hingga kegiatan-kegiatan masyarakat desa.

“Saya ingin kemajuan di Sumsel lebih merata, program internet masuk desa ini merupakan janji kampanye, mewujudkan internet masuk desa, demi terciptanya Sumsel maju untuk semua, dan berharap dengan adanya program Internet Desa ini semoga memberikan manfaat untuk kemajuan desa,” ungkapnya.

Terkait hal ini, Bupati OKU Selatan sangat menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi, karena Kabupaten OKU Selatan masuk dalam daftar penerima Internet Desa. Semoga dengan adanya Internet Desa ini, Desa-desa dengan berbagai potensi, baik pertanian, pariwisata, UMKM, dan Kegiatan Desa yang positif bisa diakses oleh masyarakat luas dalam hingga luar negeri.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal November 12, 2019 08:57

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN