BAPPEDA LITBANG GELAR WORKSHOP SIM KEMISKINAN KABUPATEN OKU SELATAN, PELATIHAN APLIKASI SIMPATIK UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN

portal
By portal November 12, 2019 23:13

BAPPEDA LITBANG GELAR WORKSHOP SIM KEMISKINAN KABUPATEN OKU SELATAN, PELATIHAN APLIKASI SIMPATIK UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Muaradua (12/11) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten OKU Selatan telah menggelar Workshop SIM Kemiskinan di Ruang Rapat Bappeda Litbang, Selasa pagi (12/21/2019).

Pelatihan Sistem Informasi Penanggulangan Kemiskinan, diikuti oleh seluruh Staf Teknis perwakilan dari OPD terkait.

Sebuah sistem yang saling terintegrasi, dikembangkan dengan teknologi berbasis web (client server) untuk membantu program penanggulangan kemiskinan sehingga penyaluran bantuan bagi masyarakat miskin menjadi lebih cepat, efisien, dan tepat sasaran.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Zulkhaidirsyah, S.E. menyampaikan maksud dari Pengadaan Aplikasi IT untuk penanggulangan kemiskinan, guna memberikan kemudahan dalam pengelolaan data perencanaan. “Terkait data kemiskinan mulai dari penganggaran, monitoring dan evaluasi serta pelaporan,”ungkapnya.

Dengan penerapan teknologi informasi seperti aplikasi sistem informasi penanggulangan kemiskinan tersebut, pemerintah daerah akan lebih mudah dalam menentukan arah kebijakan berkaitan dengan usaha-usaha pengentasan kemiskinan. Data yang akurat dan terstruktur, menjadi sarana untuk pemerintah daerah bisa mengambil kebijakan yang tepat sasaran yang pada akhirnya nanti menurunkan angka kemiskinan.

Turut hadir dalam kesempatan ini narasumber dari ITB Bandung Irwan, M.T. selaku konsultan IT yang menyampaikan Materi terkait pengenalan aplikasi SIMPATIK.

SIMPATIK adalah aplikasi pengelolaan data kemiskinan terpadu yang memproses dan mengintegrasi seluruh proses pengolahan kemiskinan dalam bentuk laporan atau data. Sistem ini dibangun untuk mendukung proses penyaluran bantuan kemiskinan menjadi lebih akurat, cepat, efisien, dan mudah.

Banyak hal yang menjadi pembahasan selama pertemuan berlangsung. Irwan memaparkan pada pelatihan tersebut, banyak hal yang harus diperhatikan dalam setiap prosesnya. Mulai dari pengumpulan data hingga proses akhir pemindahan ke sistem online tersebut.

Terkait hal ini, Kepala Bidang PPM juga berharap untuk kedepannya aplikasi SIMPATIK dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat berguna bagi masyarakat sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal November 12, 2019 23:13

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
17 Januari, 2022, 4:41 am
 

Berawan
22°C
flik: 24°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s UUT
matahari terbit: 6:04 am
matahari tenggelam: 6:24 pm
Ramalan 17 Januari, 2022
siang
 

Hujan dan petir
31°C
winds: 1 m/s U
malam
 

Hujan dan petir
20°C
winds: 1 m/s BUB
More forecast...