BPJS KESEHATAN KABUPATEN OKU SELATAN GELAR SOSIALISASI JKN KIS TAMBAHAN KELUARGA PNS 1%, ASISTEN III BUKA SOSIALISASI JKN KIS

portal
By portal Oktober 23, 2019 22:13

BPJS KESEHATAN KABUPATEN OKU SELATAN GELAR SOSIALISASI JKN KIS TAMBAHAN KELUARGA PNS 1%, ASISTEN III BUKA SOSIALISASI JKN KIS

Muaradua (23/10) BPJS Kabupaten OKU Selatan menggelar Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Keluarga Tambahan bagi PNS sebanyak 1%, Rabu (23/10/2019).

Mewakili Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com, Asisten III Drs. H.Herman Azedi, SKM., M.M hadir dan membuka secara langsung sosialisasi JKN KIS tambahan keluarga PNS yang sukses digelar di Ruang Rapat Terbatas Bupati.

Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) wajib mendaftarkan anggota keluarganya yang terdiri dari istri/suami yang sah, anak kandung, anak tiri dari perkawinan yang sah dan angkat yang sah paling banyak empat orang.

Selain anggota keluarga tersebut, Peserta PPU dapat mengikutsertakan anggota keluarga yang lain (tambahan), meliputi anak ke empat dan seterusnya, ayah, ibu dan mertua.

Dengan tujuan memberikan informasi tersebut, BPJS Kesehatan Kabupaten OKU Selatan mengumpulkan seluruh Bendahara Gaji di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Pejabat Tata Usaha Kabupaten OKU Selatan pada (Rabu/23/10).

Dalam kesempatan ini Asisten III memberikan pesannya kepada seluruh peserta sosialisasi untuk mendaftarkan keluarganya pada Program JKN-KIS tanpa perlu menunggu sakit itu datang. “Jaminan kesehatan harus mencapai 95% untuk seluruh Aparatur Negara di Kabupaten OKU Selatan. Seluruh anggota keluarga ASN bisa mendaftarkan diri pada program JKS KIS,”ujarnya.

Mendukung pesan tersebut, mewakili Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten OKU Selatan, Endah Nirwana,S.Kep menjelaskan keuntungan mendaftarkan anggota keluarga tambahan dengan mekanisme iuran sebesar 1% (satu persen) dari gaji atau upah Peserta PPU per orang per bulan.

Besaran iuran untuk anggota keluarga yang lain atau tambahan sebagaimana diatur dalam Perpres 82/2018 sebesar 1% dari gaji atau upah Peserta PPU per orang per bulan. Sedangkan kelas rawatnya mengikuti kelas rawat Peserta PPU. “Jadi misal Peserta PPU di kelas I, maka anggota keluarga inti maupun anggota keluarga tambahannya akan berada di kelas I juga,” jelas Endah.

Dana Perhitungan Fihak Ketiga (PFK) merupakan sejumlah dana yang salah satunya dihimpun dari iuran jaminan kesehatan bagi anggota keluarga yang lain. Iuran jaminan kesehatan bagi anggota keluarga yang lain tersebut merupakan sejumlah dana yang dibayarkan dari gaji Pejabat Negara, Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota, PNS Pusat, prajurit TNI, PNS Kementerian Pertahanan, anggota POLRI, dan PNS Daerah setiap bulannya dalam rangka iuran jaminan kesehatan bagi anggota keluarga yang lain.

Endah Nirwana dalam kesempatan ini juga menjelaskan, bahwa mekanisme pendaftaran anggota keluarga yang lain (tambahan) bagi Peserta PPU dengan pemberi kerja Penyelenggara Negara sebagaimana dimaksud pada PMK, diatur sebagaimana alur penerimaan dan pembayaran dan PFK.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal Oktober 23, 2019 22:13

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
17 Januari, 2022, 4:36 am
 

Berawan
22°C
flik: 24°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s UUT
matahari terbit: 6:04 am
matahari tenggelam: 6:24 pm
Ramalan 17 Januari, 2022
siang
 

Hujan dan petir
31°C
winds: 1 m/s U
malam
 

Hujan dan petir
20°C
winds: 1 m/s BUB
More forecast...