SUKSESKAN PROGRAM GEMARIKAN, PEMKAB OKU SELATAN GELAR LOMBA MASAK SERBA IKAN TINGKAT KABUPATEN DALAM RANGKA UPAYA PENCEGAHAN STUNTING

portal
By portal October 8, 2019 16:25

SUKSESKAN PROGRAM GEMARIKAN, PEMKAB OKU SELATAN GELAR LOMBA MASAK SERBA IKAN TINGKAT KABUPATEN DALAM RANGKA UPAYA PENCEGAHAN STUNTING

Muaradua (08/10) Dalam rangka menyukseskan program Gemar Makan Ikan (Gemarikan) serta lebih meragamkan berbagai menu dari olahan ikan, Dinas Perikanan Kabupaten OKU Selatan bersama TP PKK Kabupaten OKU Selatan menggelar Lomba Masak Serba Ikan, Selasa (08/10/2019).

Mewakili Bupati OKU Selatan Asisten II Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hermansyah Said, S.Ip hadir dan membuka secara langsung kegiatan lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten OKU Selatan.

Bertempat di Gedung Dewan Kesenian Muaradua, kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD Ismail,MO, FKPD, Ketua TP PKK Kabupaten Isyana Lonetasari Popo, Wakil Penasehat DWP, Organisasi Wanita, Para Kepala OPD, Para Camat, dan Anggota TP PKK.

Lomba masak serba Ikan tersebut mengangkat Tema “Ragam Masakan Ikan untuk menyehatkan Masyarakat mencegah Stunting dan Mencerdaskan anak” dengan diikuti oleh peserta dari TP PKK Perwakilan 19 Kecamatan se-Kabupaten OKU Selatan.

Peserta Lomba masak serba ikan Kabupaten OKU Selatan tersebut menyajikan dalam tiga Menu, yaitu menu Kudapan, menu Balita dan menu Keluarga.

Tidak hanya mengkreasikan olahan ikan, para peserta juga dituntut untuk menghasilkan menu-menu yang menarik dan inovatif sehingga dapat disukai baik dari segi penampilan maupun rasa.

Dalam laporan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Drh. Syukri, M.Si melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan memasak berbahan dasar ikan. “memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan dasar ikan kepada masyarakat, adanya inovasi menu masakan dari ikan, serta meningkatkan konsumsi ikan dan memberdayakannya,”kata Syukri

Selanjutnya Kepala Diskannak juga menambahkan bahwasanya pemenang juara pertama lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten, nantinya akan mewakili Kabupaten OKU Selatan dalam lomba masak ikan tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan menyampaikan, bahwasanya kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah stunting. “Salah satu penyebab stunting yaitu rendahnya akses terhadap makanan dari segi jumlah dan kualitas gizi serta tidak beragam,”ungkapnya

Ketua TP PKK juga mengatakan melalui penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan bagi peserta maupun masyarakat umum dapat lebih meningkatkan keterampilan dan inovasi dalam mengelola menu masakan berbahan baku ikan. “Untuk seluruh TP PKK Kecamatan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mensosialisasikan program Gemarikan dalam kehidupan bermasyarakat,”pungkasnya.

Sementara itu Bupati OKU Selatan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II menyampaikan kegiatan ini sebagai upaya mensosialisasikan program Gemarikan, guna membangun kesadaran gizi, individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Bupati juga berharap melalui lomba ini, mudah-mudahan dapat dijadikan wahana pembelajaran, dalam mengasah kemampuan kreatifitas memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih baik dan inovatif.

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan lomba masak serba ikan, Kecamatan Sindang Danau berhasil meraih juara pertama, Juara Kedua diraih oleh Kecamatan Mekakau Ilir dan Juara Ketiga diraih oleh Kecamatan Muaradua. Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa trophi dan uang pembinaan.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal October 8, 2019 16:25

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
24 October, 2019, 12:26 am
 

Sebagian berawan
20°C
flik: 19°C
barr: 1010 mb
winds: 2 m/s BSB
matahari terbit: 5:40 am
matahari tenggelam: 5:55 pm
Ramalan 24 October, 2019
siang
 

Cerah hingga sebagian berawan
36°C
winds: 1 m/s UT
malam
 

Sebagian berawan
18°C
winds: 1 m/s UB
More forecast...