AUDIENSI PEMKAB OKU SELATAN BERSAMA BPDAS-HL BENGKULU BPDAS-HL MUSI DAN MASYARAKAT TERKAIT KEGIATAN PENANAMAN RHL DI OKU SELATAN

portal
By portal September 10, 2019 20:34

AUDIENSI PEMKAB OKU SELATAN BERSAMA BPDAS-HL BENGKULU BPDAS-HL MUSI DAN MASYARAKAT TERKAIT KEGIATAN PENANAMAN RHL DI OKU SELATAN

Muaradua (10/09) Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.,Com. bersama Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir,SP.,M.Si. hadir langsung pada Audiensi yang digelar dalam rangka akan dilaksanakannya Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai-Hutan Lindung (BPDAS-HL) Bengkulu dan BPDAS-HL Musi, selasa (10/09/2019).

Audiensi yang digelar di Aula Pemkab OKU Selatan ini dihadiri oleh Kepala BPDAS- HL Bengkulu Irama Nur,S.Hut.,M.Si. dan Kepala BPDAS-HL Musi Siswo,S.Hut.,M.Si.

Pada tahun 2019 ini wilayah di Kabupaten OKU Selatan akan dilakukan RHL seluas 3.200 Ha. RHL merupakan upaya untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan sehingga daya dukung, produktivitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.

Kegiatan RHL sendiri meliputi kegiatan penanaman RHL dan penerapan teknik konservasi tanah. Kegiatan penanaman RHL dimaksudkan untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi sumber daya hutan dan lahan, baik fungsi produksi, fungsi hutan lindung maupun fungsi konservasi.

Terkait penanaman RHL yang akan menggunakan lahan masyarakat, dan guna menjelaskan agar tidak ada kesalahpahaman, BPDAS-HL Bengkulu dan BPDAS-HL Musi bersama Pemkab OKU Selatan dan Masyarakat yang lahannya akan ditanami RHL, sekira pukul 10.30 Wib menggelar Audiensi.

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan menyampaikan, bahwasannya Audiensi ini sebagai wadah silaturahmi untuk berdiskusi sekaligus menjelaskan terkait informasi kegiatan BPDAS. Melalui diskusi bersama masyarakat yang lahannya akan ditanami RHL, diharapkan bisa menghilangkan ketakutan masyarakat dan semua kekeliruan terkait informasi yang masih simpang siur di tengah-tengah masyarakat dapat dijawab langsung oleh BPDAS. Sehingga tidak ada lagi ketakutan masyarakat dan pelaksanaan RHL di Kabupaten OKU Selatan akan berjalan lancar.

Kepala BPDAS-HL Musi dalam sambutannya menjelaskan, bahwasannya kegiatan RHL ini adalah amanah guna menyelamatkan hutan dan lahan bisa masif di seluruh Indonesia. Dengan dilaksanakannya program ini diharapkan masyarakat jangan takut, kerena program ini tidak akan mencabut lahan kopi warga, dan tidak akan ada pengusiran di lahan yang telah ditanami masyarakat.

Kepala BPDAS-HL Bengkulu juga dalam kesempatan ini menyampaikan, pelaksanaan kegiatan RHL di Kabupaten OKU Selatan ini tidak akan ada pengusiran, dan silahkan teruskan untuk menanam tanaman di lahan masing-masing milik warga.

Irama Nur berharap kepada masyarakat untuk mendukung kegiatan BPDAS yang sangat bermanfaat untuk masyarakat di wilayah masing-masing. Juga diharapkan ada komunikasi yang baik, agar tidak ada kekeliruan di tengah-tengah masyarakat.

Turut hadir dalam kesempatan ini FKPD, Sekretaris Daerah, Asisten II, Para Kepala OPD, Para Camat, dan Undangan lainnya.

Penanaman RHL akan dilaksanakan di 4 Kecamatan diantaranya :

– Kecamatan Muaradua di Desa Mehanggin dengan luas 850 Ha
– Kecamatan Mekakau Ilir di Desa Tanjung Besar, Pere’an, Kota Baru, dan Galang Tinggi, dengan luas 750 Ha
– Kecamatan Pulau Beringin di Desa Pematang Obar dengan luas 400 Ha
– Kecamatan Pulau Beringin di Desa Tanjung Bulan dengan luas 300 Ha
– Kecamatan BPRRT di Desa Sumber Jaya dengan luas 900 Ha

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal September 10, 2019 20:34

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
15 September, 2019, 1:01 pm
 

Berawan
32°C
flik: 35°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s TST
matahari terbit: 5:56 am
matahari tenggelam: 6:01 pm
Ramalan 15 September, 2019
siang
 

Berawan sebagian
33°C
winds: 1 m/s SST
malam
 

Sebagian berawan
19°C
winds: 0 m/s B
More forecast...