KADIS PARIWISATA PROVINSI SUMSEL HADIRI PENUTUPAN FDR KE XXII DILANJUTKAN DENGAN MEMBUKA PERLOMBAAN BURUNG BERKICAU. CAMAT BANDING AGUNG PIMPIN AKSI BERSIH-BERSIH PASCA FDR

portal
By portal July 8, 2019 07:34

KADIS PARIWISATA PROVINSI SUMSEL HADIRI PENUTUPAN FDR KE XXII DILANJUTKAN DENGAN MEMBUKA PERLOMBAAN BURUNG BERKICAU. CAMAT BANDING AGUNG PIMPIN AKSI BERSIH-BERSIH PASCA FDR

Muaradua (07/07) Festival Danau Ranau Ke XXII Tahun 2019 telah resmi ditutup langsung oleh Asisten III Drs. Herman Azedi,SKM.,M.M. mewakili Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. Minggu pagi (07/07/19).

Hadir langsung dalam penutupan FDR ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan Alfa S.Sarkoni, Para FKPD, Para Kepala OPD d Lingkungan Pemkab OKU Selatan, Para Camat, Pemangku Adat wilayah Ranau raya dan undangan lainnya.

Bertempat di Dermaga Ponton Banding Agung, dalam laporan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Selatan Darmawan,S.E.,M.M. menyampaikan, bahwasannya FDR Ke XXII Tahun 2019 ini digelar dengan tujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan program di bidang pariwisata serta ekonomi kerakyatan. Selain itu melalui FDR ini juga diharapkan dapat meningkatkan arus kunjungan wisata baik dalam dan luar negeri guna memacu perkembangan ekonomi daerah.

Seperti diketahui sejuta pesona Bumi Serasan Seadanan juga harus dipromosikan baik dari sudut seni budaya daerah, kuliner, wisata, dan kerajinan tangan khususnya yang berasal dari Ranau. Juga menjadikan kebudayaan sebagai faktor pendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pelaksanaan pagelaran seni dan budaya melalui event FDR ini, yaitu sebagai magnet agar destinasi wisata unggulan di Kabupaten OKU Selatan bisa dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga peningkatan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat mengalami peningkatan. Setelah pelaksanaan FDR juga tentunya akan meningkatkan pengunjung Danau Ranau, hal ini yang akan menambah motivasi para pelaku seni budaya dan organisasi kesenian di Kabupaten OKU Selatan.

Kepala Disparbud Kabupaten OKU Selatan juga menjelaskan bahwasannya usai penutupan FDR ini, akan dilaksanakan lomba Kicau Burung yang diikuti lebih kurang 300 peserta. Untuk peserta sendiri berasal dari luar Kabupaten OKU Selatan, yaitu Baturaja, Jambi, OKU Timur, Lubuk Linggau dan masih banyak lagi.

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan yang disampaikan oleh Asisten III, disampaikan bahwasannya Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh panitia penyelenggara, Para Camat, Senima, Budayawan, Masyarakat dan semua pihak yang telah ikut menyukseskan FDR Ke XXII Tahun 2019.

Bupati juga mengungkapkan, bahwa FDR ini merupakan bagian dari ikhtiar Pemerintah Kabupaten dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian budaya di Kabupaten OKU Selatan. FDR juga merupakan wujud partisipasi, wujud kebersamaan guna membangun masyarakat yang hebat dan bermartabat melalui bidang seni dan budaya.

“Melalui FDR ini saya mengajak seluruh lapisan masyarakat agar membuat nyaman, indah dan bersahabat kepada para pengunjung di Danau Ranau. Demikian pula saya berharap ke depan kita akan melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan, sehingga dengan kekayaan adat budaya dan obyek wisata yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten OKU Selatan nantinya akan dikelola secara lebih profesional dalam formulasi sesuai permintaan pasar pariwisata,” ungkap Asisten III membacakan sambutan Bupati.

Selanjutnya, usai penutupan FDR dilanjutkan dengan pembukaan lomba burung berkicau yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Banding Agung. Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan membuka secara langsung perlombaan ini.

Dalam sambutan dan sekaligus membuka perlombaan burung berkicau ini, Alfa menyampaikan semoga lomba burung berkicau ini dapat digelar setiap tahun. Alfa juga menyarankan sebaiknya lomba ini digelar dipinggiran Danau Ranau, agar para peserta bisa menikmati keindahan Danau Ranau dan hal itu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta.

Alfa juga mengungkapkan di Tahun 2020, FDR rencananya akan menjadi Event Nasional, dan hal ini akan diperjuangkan pihak Pemerintah Provinsi agar Danau Ranau dengan berbagai kebudayaan yang khas bisa dikenal Se Nusantara.

Sementara itu, sekira Pukul 14.30 Wib juga digelar aksi bersih-bersih usai penutupan FDR yang dipimpin langsung oleh Camat Banding Agung Syamsul,S.Sos.

Aksi bersih-bersih yang dipusatkan di Dermaga Ponton Banding Agung ini, diikuti oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU Selatan, Kelompok Sadar Wisata, Dinas Pariwisata, Asosiasi Pelaku Usaha Pinang OKU Selatan, dan dibantu oleh rekan-rekan TNI.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal July 8, 2019 07:34

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
23 October, 2019, 11:07 pm
 

Sebagian berawan
23°C
flik: 21°C
barr: 1010 mb
winds: 3 m/s SB
matahari terbit: 5:41 am
matahari tenggelam: 5:55 pm
Ramalan 23 October, 2019
siang
 

Berawan sebagian
34°C
winds: 3 m/s UT
malam
 

Sebagian berawan
17°C
winds: 1 m/s UB
More forecast...