MENUJU AKREDITASI, PEMKAB OKU SELATAN GELAR RAPAT AKSELERASI AKREDITASI RSUD MUARADUA

portal
By portal Februari 19, 2019 18:19

MENUJU AKREDITASI, PEMKAB OKU SELATAN GELAR RAPAT AKSELERASI AKREDITASI RSUD MUARADUA

Muaradua (19/02) Rapat Akselerasi Akreditasi dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Muaradua, telah digelar tadi pagi (selasa/19/02).

Rapat yang merupakan tindak lanjut dari intruksi Bupati OKU Selatan terkait percepatan untuk akreditasi RSUD Muaradua ini, dihadiri langsung oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hermansyah Said, SIP., Kepala Bappeda Litbang Natalion, S.STP., M. Si. Kepala BPKAD M. Rahmatullah, S. STP., M.M. Kepala BKPSDM Eva Nirwana, SIP.,M. Si. Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. Meri Astuti, Kepala Dinas PU TR Farid Effendy, S.T. Kepala Bagian Hukum Yusrinawati,S.H., M.T. dan Perwakilan PDAM Tirta Saka Selabung.

Dalam kesempatan ini Direktur RSUD Muaradua dr. Erick Destiano, Sp. PD. menjelaskan permasalahan-permasalahan apa saja yang harus diselesaikan terkait seluruh kepentingan RSUD, baik dari infrastruktur hingga personalia.

Direktur RSUD Muaradua menyampaikan bahwa berdasarkan Surat dari Kementerian Kesehatan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, RSUD Muaradua masuk dalam daftar Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan namun belum terakreditasi/habis masa akreditasi. Dan untuk segera mendaftakan survei akreditasi kepada Eksekutif Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Pengumuman dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Nomor: 81/KARS/II/2019 tetang Batas Waktu Pendaftaran Akreditasi Periode Mei-Juni 2019, yang menerangkan bahwa untuk pendaftaran survei akreditasi paling lambat 31 Maret 2019.

Asisten II dalam arahannya menyampaikan, bahwa apa yang telah dipaparkan oleh Direktur RSUD Muaradua untuk segera dibenahi dan diprioritaskan, karena ini merupakan pelayanan dasar bagi masyarakat. Untuk seluruh OPD terkait mari sama-sama memberi solusi dan tindakan sesuai tupoksi.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan terkait hal ini menyampaikan, bahwa Bupati OKU Selatan untuk tahun 2019 ini fokus untuk prioritaskan RSUD Muaradua bisa akreditasi dan kalau bisa BLUD juga. Dalam hal ini Kepala Bappeda juga menyampaikan untuk seluruh OPD terkait dapat bersama-sama bekerja, supaya RSUD ini bisa terakreditasi. Mengingat batas pendaftaran survei akreditasi 31 Maret 2019, dan untuk seluruh OPD terkait yang sudah ada anggaran terkait pembangunan fisik di RSUD untuk segera dioptimalkan.

“Bupati sangat menekankan kualitas RSUD, agar bisa terakreditasi. Untuk kepentingan RSUD mohon disampaikan apa-apa yang harus dipenuhi, dan sampaikan kebutuhan terkait anggaran ke TAPD mengingat ini sangat penting, ” ungkap Natalion.

Kepala BPKAD Kabupaten OKU Selatan dalam kesempatan ini juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan khususnya BPKAD berusaha seoptimal mungkin untuk mendukung RSUD ini terakreditasi. Kepala BPKAD berharap agar pihak RSUD Muaradua agar dapat lebih intens lagi dalam berkoordinasi dengan stakeholder terkait, apa-apa yang masih menjadi kendala dan dibutuhkan dalam proses menuju akreditasi.

Terkait personalia, Kepala BKPSDM Kabupaten OKU Selatan menyampaikan bahwa untuk memenuhi kurangnya jumlah perawat di RSUD Muaradua, rencananya akan diadakan pendistribusian perawat dari puskesmas-puskesmas yang jumlah tenaga medisnya (perawat) melebihi kapasitas, seperti yang disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan untuk jumlah perawat PNS di UPTD Puskesmas berjumlah 106. Terkait hal ini BKPSDM akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

Setelah rapat didampingi Direktur RSUD Muaradua, rombongan meninjau area RSUD untuk melihat hal-hal yang perlu diperbaiki terkait penunjang pelaksanaan akreditasi.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal Februari 19, 2019 18:19

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
18 Mei, 2022, 5:35 pm
 

Berawan
28°C
flik: 32°C
barr: 1010 mb
winds: 2 m/s BSB
matahari terbit: 6:03 am
matahari tenggelam: 5:57 pm
Ramalan 18 Mei, 2022
siang
 

Berawan dan petir
32°C
winds: 1 m/s T
malam
 

Berawan
22°C
winds: 0 m/s B
More forecast...