WAKIL BUPATI OKU SELATAN PIMPIN ENTRY MEETING BPK RI PERWAKILAN SUMATERA SELATAN

portal
By portal February 6, 2024 14:38

WAKIL BUPATI OKU SELATAN PIMPIN ENTRY MEETING BPK RI PERWAKILAN SUMATERA SELATAN

MUARADUA – Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), H. Sholehien Abuasir, SP., M.Si., Pimpin langsung Entry Meeting BPK RI terkait Pemeriksaan Interim Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023 pada Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dan Instansi terkait lainnya, Selasa (06/02/2024), di Ruang Nagara Bhakti Pemkab OKU Selatan.

Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatra Selatan, dalam hal ini hadir langsung Wakil Penanggung Jawab Edi Surono, dan Tujuh lainnya dengan Ketua Tim Meiliana.

Wakil Bupati H. Sholehien menyampaikan apresiasi kepada BPK RI Perwakilan Sumsel yang senantiasa memberikan tuntunan, petunjuk dan arahan kepada Pemkab OKU Selatan sehingga memberikan performa lebih baik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah terutama dalam penyajian laporan keuangan.

“Tentu atas kerjasama, tuntunan dan petunjuk dari BPK RI, kami akan selalu taat asas dan melaksanakan dengan sungguh-sungguh terhadap tahapan-tahapan pemeriksaan sebagai salah satu kewajiban konstitusional kami dalam menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah yang transparan dan akuntabel,” jelas Wabup.

Sementara, Edi Surono mengatakan, tujuan pemeriksaan interim diantaranya untuk memantau tindak lanjut atas hasil pemeriksaan tahun-tahun sebelumnya, menilai efektivitas SPI (Test of Control/ToC) dalam penyusunan LKPD, menilai kepatuhan atas peraturan perundang-undangan serta melakukan pengujian substantif terbatas pada transaksi/saldo akun-akun tertentu (Test of Detail Balance Sheet/ToDB). Ia menjelaskan, tahapan pemeriksaan mulai dari pemerintah daerah diwajibkan menyelesaikan laporan keuangan 1 bulan setelah selesai tahun anggaran. Setelah itu paling lambat dua bulan, laporan keuangan pemerintah daerah sudah direview oleh pemeriksa internal dalam hal ini Inspektorat. Setelah tiga bulan, pemerintah daerah wajib menyampaikan laporan keuangan kepada BPK RI sebagai dasar pemeriksaan rinci. Setelah 60 hari laporan keuangan diterima, BPK RI akan menyerahkan hasil pemeriksaan dan memberikan opini kepada pemerintah dan lembaga.

“Kami harapkan pada Maret 2024 pemerintah daerah sudah dapat menyerahkan laporan keuangan kepada BPK. Harapan kami pada Mei 2024 akan dilakukan penyerahan hasil pemeriksaan dan opini secara serentak. Untuk itu dalam pemeriksaan interim silahkan tim berkoordinasi dengan perangkat daerah. Kami juga mohonkan dukungan data dan dokumen yang diperlukan,” jelasnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini Inspektur, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Kabag, dan Para Camat.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal February 6, 2024 14:38

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN