PEMKAB OKU SELATAN MELALUI DINAS KESEHATAN, GELAR LOMBA BALITA INDONESIA (LBI) KABUPATEN OKU SELATAN TAHUN 2023

portal
By portal June 8, 2023 15:42

PEMKAB OKU SELATAN MELALUI DINAS KESEHATAN, GELAR LOMBA BALITA INDONESIA (LBI) KABUPATEN OKU SELATAN TAHUN 2023

MUARADUA – Mewakili Bupati Kabupaten OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com., Sekretaris Daerah OKU Selatan M.Rahmattullah,S.STP.,M.Si., hadiri dan membuka secara langsung kegiatan Lomba Balita Indonesia (LBI) yang diadakan oleh Pemkab OKU Selatan melalui Dinas Kesehatan, dalam rangka Balita Sehat Bebas Stunting Tahun 2023 di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kamis (08/06/2023).

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan, yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah M.Rahmattullah,S.STP.,M.Si., apresiasi kepada jajaran penyelenggara kegiatan, yang telah menciptakan inovasi, menjadikan kegiatan ini suatu momentum untuk memotivasi bagaimana orang tua memiliki kemampuan untuk memberikan perhatian yang cukup sehingga anak akan tumbuh sehat, cerdas, berbakti kepada orang tua, dan bertumbuh menjadi anak yang baik.

“Sekretaris daerah juga menambahkan masa depan balita merupakan fase yang membutuhkan perhatian khusus karena mereka merupakan calon generasi penerus bangsa. Pada saat ini Pemkab OKU Selatan juga sedang melaksanakan percepatan penurunan stunting sehingga ditahun 2024 angka stunting harus turun sebesar 14% berdasarkan SSGI ditahun 2022 sebesar 19,4%. “Harapan kami anak-anak di Kabupaten OKU Selatan dapat tumbuh sehat dan ceria, karena masa depan bangsa ada ditangan mereka”, ujarnya.

Selanjutnya, Sekretaris Dinas Kesehatan OKU Selatan Zulfahmi, SKM.,M.M dalam laporannya menyampaikan tujuan utama pelaksanaan kegiatan lomba ini merupakan salah satu upaya percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten OKU Selatan.

Selain itu, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peranan Puskesmas dalam peningkatan kesehatan dan kesejahteraan anak sehingga orang tua dapat berperan aktif dalam tumbuh kembang anak. Meningkatkan kinerja puskesmas dalam memberikan pelayanan dan motivasi masyarakat terutama orang tua untuk membina anak dengan baik juga menjadi tujuan diadakannya lomba ini.

Dalam sambutan ketua tim pergerak PKK yang diwakilkan oleh Ketua Pokja 4 OKU Selatan Zurmayati, ungkapkan bahwa kegiatan Lomba Balita Indonesia (LBI) adalah serangkaian kegiatan yang diharapkan mampu meningkatkan ilmu pengetahuan orang tua dalam meningkatkan perkembangan anak.

“Anak mempunyai hak dan kebutuhan hidup yang perlu dipenuhi yaitu makan, zat gizi, pendidikan, dan kebutuhan lain dalam tumbuh kembang anak. “Anak adalah aset bangsa yang sangat berharga dalam menentukan masa depan bangsa, setelah kegiatan ini semoga baik anak maupun orang tua mendapat peningkatan ilmu pengetahuan sehingga terciptanya generasi yg penuh aksi”, ujarnya.

Peserta yang mengikuti Lomba Balita Indonesia (LBI) yang dilaksanakan oleh Bidang Kesehatan Masyarakat dari Dinas Kesehatan berjumlah 38 anak. 19 kategori 6 – 24 bulan, dan 19 kategori 2 – 5 tahun. Dan tim juri berjumlah 8 orang, terdiri dari 2 dokter umum, 2 dokter gigi, 2 ahli gizi, dan 2 bidan.

Nama-nama pemenang :
Pemenang Kategori 6 – 24 Bulan, sebagai berikut :
Juara I. Muhammad Farid Alfarizi, Muaradua. Skor 2.340
Juara II. Kenzie Zean Alvaro, Mekakau Ilir. Skor 1.955
Juara III. Ressha Raiqa Husen, Sindang Danau. Skor 1.915
Harapan I. Jemimah Kamila, Kisam Ilir. Skor 1.910
Harapan II. Jennifer Olivia, BPRRT. Skor 1.880
Harapan III. Al Faqhir Afif Virendra, Buay Rawan. Skor 1.870

Pemenang Kategori 2 – 5 Tahun, sebagai berikut :
Juara I. Haikal Defano, Buay Pemaca. Skor 2.195
Juara II. Malika Adara Kalea, Buay Sandang Ajj. Skor 2.180
Juara III. Malika Adriana Zahrani, Muaradua Kisam. Skor 2.135
Harapan I. Adrena Naira Veronica, Kisam Ilir. Skor 2.105
Harapan II. Rachel Aulia Annisa, Muaradua. Skor 2.058
Harapan III. Suci Fadila, Buana Pemaca. Skor 2.055

Kegiatan yang berlangsung di Aula Guest House OKU Selatan, dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten/yang mewakili, Kadinkes, Kadin PPKBPPPA, Kadin PMPD, Kadisdik, Kadin Kominfo, Kadin Ketpang, Direktur RSUD, Para Camat, Para Kepala Puskes, Anggota TP PKK Kabupaten, Para Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua IDI, Ketua IBI, Ketua Persagi, dan Undangan Lainnya.

 

Sumber : Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal June 8, 2023 15:42

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN