PEMKAB OKU SELATAN GELAR RAKOR PENGELOLA TEKNIS PENYELENGGARAAN BANGUNAN GEDUNG.

portal
By portal February 11, 2022 10:40

PEMKAB OKU SELATAN GELAR RAKOR PENGELOLA TEKNIS PENYELENGGARAAN BANGUNAN GEDUNG.

MUARADUA – Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKU Selatan H. Hermansyah Said, S.Ip, Pimpin Rapat Koordinasi terkait Perizinan Persetujuan Bangunan Gedung di Kabupaten OKU Selatan, Jumat (11/02/2022).

Dalam Paparan Kepala Dinas PMPTSP, Haris Munandar menyampaikan Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi mengenai Prosedur Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) serta memperoleh pemahaman dan acuan yang benar untuk pengajuan PBG.

Bangunan gedung merupakan salah satu wujud fisik pemanfaatan ruang. Oleh karena itu dalam pengaturan bangunan gedung tetap mengacu pada pengaturan penataan ruang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk menjamin kepastian dan ketertiban hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung, setiap bangunan gedung harus memenuhi persyaratan administratif dan teknis bangunan gedung, serta harus diselenggarakan secara tertib.

Undang-undang tentang Bangunan Gedung mengatur fungsi bangunan gedung, persyaratan bangunan gedung, penyelenggaraan bangunan gedung, termasuk hak dan kewajiban pemilik dan pengguna bangunan gedung pada setiap tahap penyelenggaraan bangunan gedung, ketentuan tentang peran masyarakat dan pembinaan oleh pemerintah, sanksi, ketentuan peralihan, dan ketentuan penutup.

Keseluruhan maksud dan tujuan pengaturan tersebut dilandasi oleh asas kemanfaatan, keselamatan, keseimbangan, dan keserasian bangunan gedung dengan lingkungannya, bagi kepentingan masyarakat yang berperikemanusiaan dan berkeadilan.

Masyarakat diupayakan untuk terlibat dan berperan secara aktif bukan hanya dalam rangka pembangunan dan pemanfaatan bangunan gedung untuk kepentingan mereka sendiri, tetapi juga dalam meningkatkan pemenuhan persyaratan bangunan gedung dan tertib penyelenggaraan bangunan gedung pada umumnya.

Dalam Sambutan Asisten II menyampaikan arahannya terkait Rakor Perizinan Persetujuan Bangunan Gedung Kiranya acara ini dapat memberikan informasi bagi kita semua sehingga penyelenggaraan bangunan gedung, khususnya bangunan gedung Negara dapat dilaksanakan sesuai ketentuan yang telah diatur dalam undang-undang dan peraturan pemerintah”

Bertempat di Ruang Rapat Aisten II turut hadir Kepala Bapenda, Kadin PU TR, Kadin Perkim, Kadin LH, Kabag Hukum, Para Kepala Bidang serta undangan lainnya.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan

portal
By portal February 11, 2022 10:40

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN