PEMKAB OKU SELATAN BERSAMA KTNA, DAN PETANI KOPI SEPAKAT BERI EMPAT NAMA VARIETAS KOPI UNGGULAN LOKAL OKU SELATAN, KOBURA I, KOBURA II, KOBURA III DAN SUTARI

portal
By portal November 27, 2019 22:00

PEMKAB OKU SELATAN BERSAMA KTNA, DAN PETANI KOPI SEPAKAT BERI EMPAT NAMA VARIETAS KOPI UNGGULAN LOKAL OKU SELATAN, KOBURA I, KOBURA II, KOBURA III DAN SUTARI

Muaradua (27/11) Mewakili Bupati OKU Selatan, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Junaidi membuka langsung Rembuk Pemberian Nama Varietas Kopi Unggul Lokal OKU Selatan, yang digelar di Ruang Rapat Terbatas, Rabu (27/11/2019).

40% Perkebunan Kopi Sumatera Selatan ada di Kabupaten OKU Selatan dengan jumlah Lahan 70.799 Ha dan Produksi 49.179 Ton, dari 250.172 Ha dan Produksi 110.481 Ton Se-Sumatera Selatan. Setelah tiga tahun dilakukan dilakukan Riset dan Pengembangan Varietas Tanaman Kopi di Kabupaten OKU Selatan oleh Dinas Pertanian OKU Selatan dan Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Sukabumi selama tiga tahun terakhir. Maka dapat disimpulkan terdapat tiga klon Kopi Robusta Lokal OKU Selatan yakni Robusta Bugel, Robusta Marjuki Buah Besar, dan Robusta Marjuki Buah Kecil.

Tiga klon kopi robusta unggulan ini rata-rata produktivitasnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata Provinsi dan Nasional yaitu mencapai 2,2 ton/Ha. Tidak hanya itu, untuk mutu rasa tiga klon ini tergolong baik dengan kategori fine robusta.

Tidak hanya tiga klon yang populasinya berada di wilayah Ranau Raya tepatnya di Desa Airupik, Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumsel yang merupakan Institut Riset ini, juga telah melakukan riset dan menemukan klon kopi unggulan diantara pertanaman kopi yang ditanam oleh Sutardianto di Pondok Pangkul Desa Watas Kecamatan Sindang Danau, yaitu Klon Kopi Robusta Cik Ari.

Sutardianto sendiri telah menanam Varietas Klon Cik Ari ini sejak tahun 1988. Varietas Klon Cik Ari populasinya ditanam diketinggian 1.202 Mdpl, dengan potensi produksi rata-rata 1.200 Kg kopi biji/Ha dengan kisaran 800-1.800 kg/Ha untuk penanaman dengan populasi 1.600 pohon/Ha.

Terkait hasil riset inilah atas arahan Bupati OKU Selatan Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan bersama KTNA Provinsi Sumsel, KTNA Kabupaten OKU Selatan, UPTD Pertanian Banding Agung, Sindang Danau dan Para Petani Kopi menggelar rembuk nama, guna mempatenkan empat klon kopi unggulan OKU Selatan di Kementan.

Setelah melakukan diskusi dan kesepakatan bersama, empat klon kopi robusta unggulan OKU Selatan diberi nama
KOBURA (Kopu Robusta Ranau) I untuk Kopi Robusta Bugel;
KOBURA II untuk Kopi Robusta Marjuki Buah Besar;
KOBURA III untuk Kopi Robusta Marjuki Buah Kecil; dan
SUTARI untuk Kopi Robusta Cik Ari.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan sendiri di tahun 2020 telah mengalokasikan anggaran untuk membuat dan meremajakan perkebunan kopi seluas 4 Ha untuk kebun pembibitan empat klon kopi robusta unggulan OKU Selatan, dengan tujuan di tahun 2024 bisa mencukupi kebutuhan peremajaan tanaman Kopi di seluruh wilayah OKU Selatan.

Bupati OKU Selatan melalui Staf Ahli, menyampaikan harapannya kepada para petani Kopi di OKU Selatan untuk menjaga mutu kualitas Kopi, dengan sistem memanen petik merah. Bupati juga meghimbau kepada Dinas Pertanian dan KTNA Provinsi dan Kabupaten untuk membina para petani di Kabupaten OKU Selatan agar meningkatkan mutu dan kualitas Kopi bukan hanya meningkatkan produktivitas.

“Jika mutu kualitas Kopi OKU Selatan baik, dengan cara petik merah bukan petik muda. Harga jual Kopi OKU Selatan dapat menigkat hingga 40.000/kg,” ungkap Junaidi.

H. Hasan MK. Mewakili Ketua KTNA Provinsi Sumatera Selatan mengungkapkan rasa bangganya karena Robusta OKU Selatan mendapat pengakuan. Hasan juga berharap Petani Kopi di OKU Selatan dapat meningkatkan kualitas kopi. Ia mengungkapkan bahwa aroma kopi bisa rusak apabila dipetik muda dan dijemur di aspal. Hal inilah yang menyebabkan Kopi OKU Selatan mutu dan kualitasnya menjadi buruk.

Kepala Dinas Pertanian OKU Selatan Ir.Asep Sudarno,M.Si. menjelaskan bahwa OKU Selatan mempunyai luas lahan kebun kopi terluas di Sumatera Selatan, sedangkan untuk produksi masih dibawah Kabupaten lain, oleh karena itu melalui penelitian ini Klon Robusta unggulan OKU Selatan dapat dipatenkan dan mendapat pengakuan dari Kementerian. Sehingga nilai jual Kopi unggulan OKU Selatan tinggi, demi kesejahteraan petani kopi di OKU Selatan. “Namun bukan hanya produktivitas, tapi kunci utama dari hasil penelitian ini adalah peningkatan mutu kualitas kopi yang hanya bisa dilakukan oleh para petani kopi itu sendiri, yakni dengan cara memanen kopi petik merah dan menjemur kopi bukan dijalan,”ungkap asep.

Sumber: Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal November 27, 2019 22:00

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
29 Januari, 2022, 12:37 am
 

Hujan lebat
23°C
flik: 26°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s UB
matahari terbit: 6:07 am
matahari tenggelam: 6:26 pm
Ramalan 28 Januari, 2022
siang
 

Berawan dan petir
32°C
winds: 1 m/s T
malam
 

Hujan dan petir
21°C
winds: 0 m/s BSB
More forecast...