PENGUKUHAN FORUM PESONA SRIWIJAYA & GATHERING KOMUNITAS SE-SUMATERA SELATAN BERSAMA GUBERNUR SUMATERA SELATAN

portal
By portal February 14, 2018 14:11

PENGUKUHAN FORUM PESONA SRIWIJAYA & GATHERING KOMUNITAS SE-SUMATERA SELATAN BERSAMA GUBERNUR SUMATERA SELATAN

Palembang, 10 Februari 2018 Pengukuhan Forum Pesona Sriwijaya oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin di Griya Agung Palembang. Forum ini dimulai dengan pertemuan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan dengan beberapa perwakilan Komunitas di bulan Januari 2016. Dari pertemuan itu akhirnya dibentuk WhatsApp group dengan tujuan untuk mendapatkan masukan dari komunitas tentang pengembangan pariwisata di Sumatera Selatan. Unsur pentahelix sangat dibutuhkan dalam pengembangan pariwisata. Kelima unsur tersebut adalah pemerintah, akademisi, industri, media dan komunitas.

Seiring dengan berjalannya waktu selain memberikan saran, beberapa komunitas mulai berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan maupun mengadakan kegiatan sendiri yang berkaitan dengan pariwisata. Forum Pesona Sriwijaya berbasis volunteer dan tujuannya adalah untuk berkontribusi terhadap pengembangan pariwisata di Sumatera Selatan.

Tidak hanya sekadar mempromosikan pariwisata dan budaya Sumatera Selatan, anggota forum ini juga diharapkan aktif dalam pengembangan destinasi wisata maupun atraksi budaya maupun pengembangan ekonomi kreatif di Sumatera Selatan.

Adapun beberapa Forum Pesona Sumsel asal Kab./Kota di Sumatera Selatan yang turut di Kukuhkan pada kesempatan tersebut diantaranya ; PESONA OKU SELATAN, PESONA LAHAT, PESONA PAGAR ALAM, PESONA ENIM, PESONA EMPAT LAWANG, PESONA LINGGAU, PESONA PRABU.

Dalam kesempatan ini Ketua Pesona OKU Selatan Community Sdr. Rizal Alhudri.AK, A.Md.Par dan beberapa Pengurus POKUS turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Selesai dari pada kegiatan, Ibu Irene Camelyn Sinaga selaku Kadisbudpar.Prov.Sumsel mengajak rekan” utusan Pesona Kab./Kota untuk adakan “meet up” dan ngobrol santai untuk bertukar pendapat mengenai program dan langkah-langkah ke depan mengenai konsep pengembangan Pariwisata Sumsel.

Branding “EXPLORE YOUR SOUTH SUMATERA” yang merupakan slogan yang dijadikan pemicu untuk saling bersinergi dalam memajukan Pariwisata Sumatera Selatan.

Dalam kesempatan pula ini rekan” utusan Pesona Kab./Kota diberikan waktu dan kesempatan untuk ungkapkan beberapa pendapat mengenai Program dan Tupoksi masing-masing.

Usulan Pesona OKU Selatan diantaranya adalah ; mengenai sistem koordinasi dengan pihak-pihak terkait, kemudian meminta untuk diberikan peluang keterlibatan diberbagai kegiatan promosi wisata di Tingkat Nasional, dan hal paling penting adalah dukungan penyusunan konsep program-program Komunitas diantaranya yang sudah tertuang dalam dokumen “FAKTA INTEGRITAS” bersama DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KAB.OKU SELATAN yang akan diajukan pada Bulan Juli 2018 mendatang.

Semoga dengan adanya beberapa terobosan ini bisa menjadi wadah yang membawa dampak positif bagi Perkembangan dan Kemajuan Pariwisata Sumatera Selatan, khususnya di Kabupaten OKU Selatan.

portal
By portal February 14, 2018 14:11