PANEN RAYA JAGUNG DI DESA PADANG BINDU KABUPATEN OKU SELATAN

portal
By portal February 7, 2018 09:23

PANEN RAYA JAGUNG DI DESA PADANG BINDU KABUPATEN OKU SELATAN

Muaradua (07/02) Panen Raya Jagung yang telah dilaksanakan di Desa Padang Bindu Kecamatan Buay Runjung  kemarin (Selasa/06/02) merupakan hasil masa tanam jagung yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan, dalam rangka Pencanangan Program Ketahanan Pangan Nasional di Kabupaten OKU Selatan Yang tertuang dalam salah satu  agenda Nawacita di dalam sektor pertanian.

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo, B. Commerce hadir langsung pada Panen Raya Jagung di Desa Padang Bindu Kecamatan Buay Runjung ini. Turut hadir dalam kesempatan ini Para FKPD Kabupaten OKU Selatan,  Anggota DPRD OKU Selatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan,  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan,  dan Para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan Ir. Asep Sudarno, M.E.P., dalam laporannya menyampaikan bahwa Tahun 2017 telah menerima bantuan bibit jagung jenis Hibrida dari Pemerintah Pusat dan Provinsi yang ditargetkan 10 ton/hektare dalam masa tanam dan menghasilkan 12 ton/hektare.

Dalam sambutannya Bupati OKU Selatan menyampaikan bahwa kegiatan yang dipandang sebagai perwujudan Solidaritas diantara semua unsur dalam upaya mewujudkan swasembada pangan dan ketahanan pangan di Kabupaten OKU Selatan ini,  maka atas nama seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Selatan, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada para petani jagung,  serta seluruh unsur yang terlibat dan mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan penanaman jagung di Desa Padang Bindu hingga kegiatan memanen.

Bupati juga menyampaikan bahwa jagung merupakan komoditas tanaman pangan yang memiliki peranan penting dan strategis  dalam pembangunan Nasional.  Jagung tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan tetapi juga digunakan sebagai bahan pakan dan industrial,  oleh karenanya Pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah menetapkan program dalam pembangunan pertanian terhadap komoditas prioritas yaitu salah satunya termasuk jagung.

Bupati juga menyampaikan harapannya agar komoditas jagung di Kabupaten OKU Selatan terus ditingkatkan. Kemudian Bupati juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, pengabdian,  loyalitas,  dan kerja keras para pemangku kepentingan di bidang pertanian terutama para petani jagung,  anggota kelompok tani,  para distributor sarana produksi pertanian,  para pendamping non formal dari seluruh lapisan masyarakat maupun seluruh aparatur pertanian,  baik ditingkat Kabupaten maupun diseluruh wilayah Kecamatan di Kabupaten OKU Selatan.

Bupati OKU Selatan juga  menyatakan bahwa di Tahun 2018 ini  akan memberikan bantuan benih jagung untuk lahan seluas 5.500 hektare untuk intensifikasi, serta 15.000 hektare untuk perluasan areal tanam. Selain itu di Tahun 2018 ini pemerintah Kabupaten OKU Selatan akan memberikan bantuan alat tanam dan alat panen berupa corn seeder sebanyak 68 unit dan corn sheller sebanyak 28 unit.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal February 7, 2018 09:23