LAPORAN KEGIATAN TP PKK KECAMATAN MUARADUA TAHUN 2017

portal
By portal January 10, 2018 21:05

LAPORAN KEGIATAN TP PKK KECAMATAN MUARADUA TAHUN 2017

Muaradua (10/01) Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonetasari Popo, siang tadi (Rabu/10/01) memimpin langsung pertemuan rutin TP PKK Kabupaten dengan TP PKK Kecamatan. Bertempat di Sekretariat TP PKK Kabupaten OKU Selatan, turut hadir Wakil Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan Linda Wati Romli beserta seluruh Anggota TP PKK di Kabupaten OKU Selatan.

Agenda pertemuan rutin kali ini yakni mendengarkan Ketua TP PKK Kecamatan Muaradua Evitha Winda, S.E.,M.M., dalam melaporkan laporan kegiatan TP PKK Kecamatan Muaradua Tahun 2017.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua TP PKK Kecamatan Muaradua bahwa kegiatan dari Sekretaris, Pokja I, Pokja II, Pokja II, dan Pokja IV telah melaksanakan  10 Program Pokok PKK yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Muaradua. Dalam rangka melaksanakan Program Kerja TP PKK Kecamatan Muaradua, Pokja I bekerja sama dengan dewan penyantun PKK Kecamatan Muaradua telah ikut serta berperan aktif dalam pembangunan, antara lain :

  1. Program penghayatan dan Pengamalan Pancasila;
  2. Melaksanakan dan mengikuti kegiatan pola asuh anak;
  3. Melaksanakan dan mengikuti kegiatan sosialisasi Rumah Cinta;
  4. Pengajian Akbar dengan menghadiri pengajian rutin di Kecamatan Muaradua;
  5. Rebanna, dengan mengikuti lomba Rebanna tingkat Kabupaten OKU Selatan.

Dalam rangka melaksanakan Program Kerja Tim Penggerak PKK Kecamatan Muaradua, Pokja II bekerjasama dengan Dinas/Instansi terkait ikut serta berperan aktif dalam pembangunan pada bidang Pendidikan dan keterampilan serta UP2K PKK, antara lain :

  1. Pembinaan PAUD, dengan melaksanakan pembinaan PAUD di 9 Desa dan 5 Kelurahan Se- Kecamatan Muaradua;
  2. Mengikuti Pelatihan pembuatan jumputan.

Dalam rangka melaksanakan Program Kerja Tim Penggerak PKK Kecamatan Muaradua, Pokja III bekerja sama dengan Dinas/Instansi terkait serta berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan sebagai berikut :

  1. Sosialisasi pemanfaatan tanaman hidroponik;
  2. Lomba masak serba ikan tigkat Kabupaten OKU Selatan dengan mendapatkan juara pertama;
  3. Lomba masak Bergizi Beragam Seimbang dan Aman (B2SA);
  4. Gerakan tanam cabai;
  5. Pelatihan pembuatan souvenir boneka khas Kabupaten OKU Selatan;
  6. Pelatihan table manner atau tata cara makan dan penyajian;
  7. Pelathan pembuatan bunga dari bahan bekas atau kulit jagung.

Dalam rangka meaksanakan program kerja Tim Penggerak PKK Kecamatan Muaradua, maka Pokja IV telah berperan aktif dalam bidang kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat, serta guna mendukung tercapainya angka kematian bayi dan balita serta keluarga kecil sehat sejahtera dan berkualitas bersama Dinas/Instansi terkait telah melaksanakan kegiatan, antara lain :

  1. Pap Smear/IVA Test;
  2. Penyuluhan TB Paru;
  3. Melaksanakan penyuluhan Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PBHS) di 9 Desa dan 5 Kelurahan dalam wilayah Kecamatan Muaradua.

Berdasarkan upaya dan peningkatan kemampuan dan pengetahuan yang dilakukan Tim Penggerak PKK Kecamatan Muaradua telah dirasa manfaat dan keberhasilannya yaitu :

  1. Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Tim Penggerak PKK Tingkat Kabupaten OKU Selatan Tahun 2017;
  2. Juara I Lomba Masak Menu Serba Ikan Tingkat Kabupaten OKU SelatanTahun 2017;
  3. Juara I Lomba Administrasi TK/PAUD Al-Sadrina Desa Pelangki Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan Tahun 2017;
  4. Juara II Lomba Administrasi TP PKK Desa (Desa Batu Belang II) Tingkat Kabupaten OKU Selatan Tahun 2017.

Pada dasarnya pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Kecamatan Muaradua telah dapat dilaksanakan dengan baik, dimulai dari Tim Penggerak PKK Kecamatan, Kelurahan, Desa, Dusun, sampai tingkat Desa Wisma. Semoga dengan gerakan PKK di Kecamatan Muaradua ini, terwujud keluarga yang sejahtera yang memiliki jiwa patriotik, kemandirian dan etos kerja yang baik sesuai dengan azaz manfaat yang dilakukan sebagai usaha bersama secara kekeluargaan dan berazaz demokrasi.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal January 10, 2018 21:05