BURSA INOVASI DESA DI KABUPATEN OKU SELATAN TAHUN 2017

portal
By portal December 21, 2017 21:56

BURSA INOVASI DESA DI KABUPATEN OKU SELATAN TAHUN 2017

Muaradua (21/12) Dalam rangka Program Inovasi Desa (PID) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten OKU Selatan bersama para Tenaga Ahli dan Pendamping Desa tadi pagi (21/12) telah sukses menggelar Bursa Inovasi Desa di Kabupaten OKU Selatan Tahun 2017.

Pada pembukaan Bursa Inovasi Desa di Kabupaten OKU Selatan, yang  berlangsung di Gedung Kesenian Muaradua, yang juga dihadiri langsung oleh Asisten I Nurdin Bangun, MBA,  Para FKPD, DPRD Kabupaten OKU Selatan, Kepala Dinas Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Selatan Juharmansyah, SE., M.Si., Kordinator Tenaga Pendamping Desa Tingkat Provinsi Sumatera Selatan  Zulkarnain Basr, Para Kepala OPD, Para Camat, Seluruh Kepala Desa beserta PD dan PLD Se Kabupaten OKU Selatan.

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten OKU Selatan Haris Munandar, S.H.,M.H. yang juga selaku Ketua Pelaksana dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa Kabupaten OKU Selatan Tahun 2017, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempercepat pelaksanaan proses pembangunan  dan pemberdayaan di desa guna terwujud desa yang mandiri, berdaya guna dan berhasil guna. Selanjutnya dalam kegiatan ini juga memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masalah.

Dalam menjalankan kegiatan pembangunan serta meningkatkan kualitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang Inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa, serta membangun kapasitas desa yang mandiri.

Berikut beberapa manfaat dari Program Inovasi Desa ini adalah fasilitas dan pendamping untuk saling bertukar pengetahuan dan belajar kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang inovatif dengan Desa lainnya. Fasilitas dan pendamping untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang lebih Inovatif dan sesuai dengan prioritas kebutuhan masyarakat. Desa dapat memanfaatkan jasa layanan teknis untuk meningkatkan kualitas kegiatan. Desa memperoleh kesempatan dan akses untuk meningkatkan kapasitas kegiatan perekonomiannya.

Sementara itu pada kegiatan ini sendiri juga telah diikuti oleh 602 orang peserta yang terdiri dari 19 orang Camat, 252 orang  Kepala Desa, 252 orang  BPD, 38 orang  Tim Pelaksana Inovasi Desa, 31 orang Pendamping Desa, dan 10 orang Pendamping Lokal Desa yang ada di ruang lingkup Kabupaten OKU Selatan.

Pada kegiatan ini juga Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan ikut andil dalam Program Inovasi Desa, dengan mengajak para Kepala Desa dan TPID untuk menjadikan Desa yang ada di Kabupaten OKU Selatan menjadi Desa Pintar dengan program internet masuk desa bersama Lintasarta selaku penyedia jasa layanan jaringan. Tidak hanya itu Dinas Kominfo OKU Selatan juga mengajak para Kepala Desa untuk membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di setiap desa, guna memberdayakan dan mengelola informasi yang ada di desa, serta mengenalkan desa dan memperomosikan hasil UMKM desa di penjuru negeri dengan memanfaatkan Website dan sosial media.

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan yang disampaikan langsung oleh Asisten I, bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan dana Desa melalui kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang Inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat Desa, serta membangun kapasitas Desa yang mandiri, maka dilaksanakanlah Bursa Inovasi Desa  yang merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi-inovasi  masyarakat yang berkembang di desa-desa.

Selain itu masih ada aspek yang harus diperhatikan secara serius dalam pengelolaan pembangunan desa adalah ketersediaan desa yg memadai, meyakinkan serta kondisi objektif maupun perkembangan desa yang menunjukkan pencapaian pembangunan. pengelolaan data dimaksud sangat beragam sehingga memiliki tantangan dan tingkat kesulitan yang berbeda.

Bursa Inovasi Desa ini juga memberikan dukungan penguatan manajemen bursa  pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, serta mengembangkan sistem informasi pembangunan desa yang mengarah pada inovasi dalam praktik pembangunan dan pertukaran pengetahuan yang dipetik dari hasil kerja desa dalam melaksanakan kegitan pembangunan yang di dayagunakan sebagai pengetahuan untuk ditularkan secara meluas.

Dalam kesempatan ini juga ada 45 desa di Kabupaten OKU Selatan yang mendapat piagam penghargaan dengan kategori desanya telah melaksanakan Program Stop Buang Air Besar Sembarangan. Kegiatan stop buang air besar sembarangan ini dibina langsung oleh Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan. Penyerahan piagam penghargaan ini diberikan secara simbolis untuk mewakili dari 45 desa yang ada di Kabupaten OKU Selatan, Yaitu Desa Sugi Waras Kecamatan Runjung Agung, Desa Karet Jaya Kecamatan Buay Pemaca, Desa Sukaraja Kecamatan Muaradua Kisam, Desa Majar Kecamatan Buay Rawan dan Desa Simpang Agung Kecamatan Simpang.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal December 21, 2017 21:56