PEMAPARAN MASTERPLAN E-GOVERNMENT

portal
By portal December 19, 2017 19:12

PEMAPARAN MASTERPLAN E-GOVERNMENT

Muaradua, (19/12) Bertempat di ruang rapat terbatas Bupati Ogan Komering Ulu Selatan Dinas Komunikasi Dan Informatika sukses melaksanakan pemaparan Masterplan E-Government. Presentasi ini dihadiri serta dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Romzi, S.E., M.Si., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Firman Bastari, S.STP., M.Si., Kepala Bank Sumsel Babel, Kepala Dinas atau Perwakilan OPD yang ada di Pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Tujuan Pemaparan ini sendiri adalah untuk memaparkan konsep rancang bangun pengembangan dan penerapan tata kelola dan manajemen pemerintahan yang berbasis Teknologi Informasi, sehingga nantinya tata kelola manajemen pemerintahanan dapat dilaksanakan secara digital / elektronik di Kab. OKU Selatan baik terkait pelayanan publik maupun pelayanan internal antar OPD. dengan penerapan teknologi dalam tata kelola pemerintahan, pelaksanaan manajemen pemerintahan akan lebih maju yang selanjutnya akan berdampak pada perbaikan pelayananan kepada masyarakat secara keseluruhan. Selain itu juga, kerjasama antar OPD yang selama ini masih terasa kurang akan semakin maksimal, sehingga akan menaikan peringkat kualitas manajemen pemerintahan kabupaten, baik di skala provinsi maupun nasional yang nantinya akan berimbas terhadap peningkatan kepercayaan oleh pemerintah pusat untuk menyalurkan dana pembangunan di OKU Selatan, baik dalam bentuk Bagi Hasil, DAU, DAK, maupun Dana Tugas Pembantuan.

Ditambahkan juga oleh narasumber tujuan lain dari kegiatan ini untuk mengembangkan serta membangun Sistem E-Government yang terintegrasi antar perangkat daerah yang mana pengembangan E-Government itu sendiri telah dicanangkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika sejak tahun 2003, yang kemudian berkembang sangat pesat penerapannya beberapa tahun belakangan ini oleh banyak kabupaten / kota baik di sumsel maupun daerah lain. Selanjutnya setelah diterapkan secara maksimal, maka pengelolaan budgeting, perencanaan, perizinan terpadu, kepegawaian dan lainnya akan dapat dilaksanakan secara total dengan metode digital dimana hasil akhirnya yang diharapkan adalah semakin efisien dan efektifnya kinerja pemerintahan dalam mengelola sistem pemerintahan serta pelayanan kepada publik.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal December 19, 2017 19:12