KUNJUNGAN KERJA TP PKK PROVINSI SUMATERA SELATAN DALAM RANGKA PENILAIAN TEST IVA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

portal
By portal November 7, 2017 11:37

Muaradua (07/11) Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Assetat) merupakan salah satu cara melakukan tes kanker serviks, adapun kelebihan dari tes ini adalah kesederhanaan teknik dan kemampuan untuk memberikan hasil yang segera kepada ibu-ibu dengan cara sederhana untuk mendekteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui TP PKK Kabupaten OKU Selatan berkerjasama dengan BPJS serta Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan telah melaksanakan kegiatan Pemeriksaan IVA di Kabupaten OKU Selatan secara geratis.

TP PKK Kabupaten OKU Selatan melaksanakan kegiatan tes IVA secara berjenjang dan berkesinambungan, yang dilakukan dengan penyuluhan dan sosialisasi tes IVA di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Sekolah Menengah Atas, Pengajian-pengajian, Rumah Sakit, dan menggerakkan masyarakat untuk menjalani tes IVA.

Ketua TP PKK  Kaupaten OKU Selatan Isyana Lonetasari Popo hadir langsung pada acara Kunjungan Kerja Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka Penilaian Test IVA Tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Acara yang telah berlangsung di Desa Majar Kecamatan Buay Rawan tadi pagi (Selasa/07/11) berlangsung penuh keakraban, serta turut hadir  Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan, Perwakilan BPJS OKU Selatan, Camat Buay Rawan, dan Camat Buay Pemaca.

Dalam kesempatan ini telah dilakukan penilaian Test IVA Tingkat Provinsi, dengan tim penilai yakni oleh TP PKK Provinsi yaitu Yusniwati Thohir dan Maya Nurmalia.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan menyampaikan untuk lebih meningkatkan kualitas kesehatan perempuan yang dilaksanakan melalui kegiatan tes IVA di Kabupaten OKU Selatan, melalui deteksi metode IVA diharapkan semakin meminimalisir penyakit kanker serviks. Semua ini tidak terlepas  dari peran TP PKK Kecamatan Se Kabupaten OKU Selatan bersama para kadernya yang telah melaksanakan deteksi dini kanker serviks dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan penggerakan kepada masyarakat.

Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan kembali berharap dengan adanya kegiatan lomba test IVA Tingkat Provinsi Sumatera Selatan ini dapat menjadi semangat serta motivasi untuk terus menjaga prilaku hidup bersih dan sehat. Bukan semata untuk mendapatkan penghargaan, Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan juga berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan berkesinambungan sehingga masyarakat khususnya kaum wanita dapat memahami pentingnya pemeriksaan tes IVA sebagai deteksi dini pencegahan kanker serviks.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, yang dilaksanakan secara terbuka dan berjenjang dapat memberikan motivasi dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat untuk senantiasa peduli akan kesehatan khusunya kesehatan mulut rahim.

Dalam kesempatan ini juga telah diumumkan hasil lomba Pelaksanaan Pemeriksaan IVA Tingkat Kabupaten OKU Selatan Tahun 2017, yaitu :

Terbaik I Desa Majar Kecamatan Buay Rawan, Terbaik II Desa Kuripan II Kecamatan Tiga Dihaji, dan Terbaik III Desa Gunung Raya Kecamatan Warkuk Ranau Selatan.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal November 7, 2017 11:37