KOPI OKU SELATAN SIAP MENUJU PASAR DUNIA

portal
By portal July 18, 2017 10:58

Muaradua (18/07) Kunjungan Donor dan Diskusi bersama Pemerintah Kabupaten OKU Selatan. Dari hasil kunjungan lapangan dan melihat perkembangan dampak dari program pembinaan petani kopi yang dijalankan oleh HRNS Indonesia sudah dapat dilihat dengan baik. diskusi ini dihadiri oleh Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir dan Kepala Dinas Pertanian OKU Selatan Ir. Asep Sudarno, M.Si, Oka Andriansyah selaku Project Tim Leader HRNS Indonesia, Edward Helmond sebagai Countri Manajer HRNS Indonesia, Dave D’heaze selaku Regional HRNS Asia Pasifik, dan Jeorge Tiemer sebagai Coordinator HRNS Asia Pasifik dan Afrika. Hadir juga Mr. Do Ngoc Sy sebagai Donor JDE serta IDH dihadiri oleh Dr. Imam Suharto, Melati dan Zakki.

Selaku Donor,  JDE sendiri adalah perusahaan yang bergerak di Kopi Roster di seluruh Dunia. dan IDH adalah organisasi Internasional yang berkedudukan di Belanda yang aktivitas utamanya adalah  bergerak di sektor perkebunan termasuk kopi.

Dalam diskusi tersebut Countri Manajer HRNS Indonesia, Edward Helmond mengucapkan rasa terimakasihnya atas respon positif  stakeholder dengan baik, tentu HRNS adalah sebagai  lembaga non profit yang bergerak untuk menumbuhkan petani yang mandiri dan berkelanjutan. sebagaimana program HRNS Indonesia terdiri dari 5 poin.

  1. Meningkatkan produktivitas melalui pelatihan dan bimbingan.
  2. Mengembangkan organisasi petani yang berkelanjutan.
  3. Perubahan Iklim/Global Worming
  4. Gender Study dan peran Pemuda
  5. Dialog strategis dengan Stakeholder.

Mr, Sy mengatakan, dari kunjungan ini capaiannya cukup terlihat, melalui adopsi pupuk Kompos dan meningkatnya penghasilan petani, “dari yang mulanya 500kg – 1500kg /Ha,” papar Mr. Sy dalam diskusi tersebut.

Menurutnya, Dampak secara umum produksi petani menurun namun petani HRNS masih meningkat.

Hal ini senada juga diungkapkan oleh donor IDH Dr. Imam Suharto, menurutnya dampak tersebut dapat dilihat melalui program pemasaran bersama dalam Hal ini adalah KPB (Kelompok Pemasaran Bersama) dan petani semakin melek mata untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.

Sementara Coordinator HRNS Asia Pasifik dan Afrika, Jeorge Tiemer mengatakan bahwa kunjungan HRNS adalah untuk menjalin kemitraan dengan pemerintah Kabupaten OKU Selatan agar dapat dikembangkan lagi di Kabupaten OKU Selatan.

Kunjungan ini disambut baik oleh Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir mengatakan, Dirinya menyambut positif program HRNS Indonesia yang didukung oleh JDE dan IDH.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan Ir. Asep Sudarno, M.Si sangat berterima kasih dengan kehadiran HRNS Indonesia dan berharap agar HRNS dan para donor untuk tetap melanjutkan program pembinaan petani kopi di Kabupaten OKU Selatan, “karena petani dan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan masih sangat membutuhkan kehadiran HRNS,” tuturnya disela-sela diskusi tersebut, Selasa 18-7-2017.

Pertemuan ini diakhiri dengan ramah tamah makan malam bersama Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dan HRNS Indonesia.

Sumber : Humas OKU Selatan.

portal
By portal July 18, 2017 10:58