DIALOG INTERAKTIF : BUPATI HARAPKAN SINERGITAS SEMUA PIHAK DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI PARIWISATA DI OKU SELATAN

portal
By portal March 15, 2019 21:40

DIALOG INTERAKTIF : BUPATI HARAPKAN SINERGITAS SEMUA PIHAK DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI PARIWISATA DI OKU SELATAN

Muaradua (15/02) Bupati OKU Selatan Popo Ali M., B. Com. hadir langsung menjadi narasumber pada Dialog Interaktif yang digelar Radio Republik Indonesia (RRI) Palembang dengan tema ” Mengembangkan Potensi Pariwisata Guna Menunjang Peningkatan Pendapatan Asli Daerah OKU Selatan”, (jumat/15/03).

Dialog interaktif yang mengudara secara langsung ini, dipandu oleh moderator Rian Apriandhani, S.E. dan Nova Ariana. Juga hadir untuk menjadi Narasumber Sekretaris Komisi II DPRD OKU Selatan Adrian Gama, S.H.dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Selatan Darmawan, S.E. M.Si.

Turut hadir dalam kesempatan ini Asisten III, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Selatan, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, dan Kepala Bagian Humas dan Protokol.

Dialog interaktif yang digelar di pendopoan Kantor Bupati OKU Selatan ini, membahas mengenai pengembangan wisata di Kabupaten OKU Selatan, serta tantangan-tantangan apa saja yang ditemui dalam mengembangkan potensi wisata yang ada.

Dalam hal ini Bupati OKU Selatan menyampaikan bahwasannya Kabupaten OKU Selatan mempunyai geografis alam yang sangat luar biasa dengan potensi wisata alam yang banyak.

Ada banyak hambatan dan tantangan dalam mengembangkan potensi wisata yang ada, diantaranya bagaimana masyarakat sekitar dapat menerima industri wisata yang ada, karena tanpa ada dukungan dan kesadaran akan adanya industri wisata dari masyarakat sekitar tentunya pengembangan wisata tidak akan maksimal. Selanjutnya akses lalu lintas menuju OKU Selatan, terkait hal ini Pemerintah Kabupaten OKU Selatan terus berupaya bagaimana agar akses ke OKU Selatan dapat dijangkau dengan mudah diantaranya revitalisasi bandara Banding Agung dan akses jalan darat.

Bupati OKU Selatan juga menyampaikan terkait pengembangan potensi wisata yang ada dalam rangka meningkatkan PAD ini tidak akan berjalan maksimal, tentunya harus ada sinergitas dari berbagai pihak baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi, dan tentunya masyarakat.

Dalam kesempatan ini juga Adrian Gama menjelaskan, terkait peningakatan PAD dari sektor pariwisata ini DPRD OKU Selatan telah mendukung visi misi Pemkab OKU Selatan, dan anggaran-anggaran terkait pengembangan fasilitas sudah disetujui. Dari pihak legislatif mengungkapkan bahwa potensi Pariwisata di OKU Selatan sangatlah banyak dan jika ada sinegritas dari Pemrintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Kabupaten maka potensi-potensi pariwisata yang ada akan maju.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan terus berupaya mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di Kabupaten OKU Selatan, yang mana pengembangan pariwisata menjadi salah satu prioritas pembangunan, hal ini didukung dengan tingginya potensi wisata yang ada di Kabupaten OKU Selatan.

Pada dialog interaktif ini juga dibuka beberapa pertanyaan dari para pendengar RRI Palembang, salah satunya Sita dari Palembang yang bertanya langsung dengan Bupati OKU Selatan terkait potensi-potensi wisata apa saja yang ditawarkan oleh Pemkab OKU Selatan. Bupati OKU Selatan menjelaskan untuk saat ini Pihaknya masih fokus pengembangan wisata di Danau Ranau yang mana kawasan wisata Danau Ranau ini destinasi wisatanya sangat kompleks, yang mana Danau Ranau ini mempunyai alam yang indah untuk dinikmati diantaranya Danau Ranau, Gunung Seminung, Pantai, Air Terjun, dan fasilitas water sport seperti Rafting, Jet Ski, dan Banana Boat. Tidak hanya itu juga ditawarkan hasil alam dan UMKM.

Terkait hal ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Selatan juga menjelaskan bahwa ada banyak potensi wisata yang ditawarkan. Pemkab OKU Selatan juga menggelar berbagai event besar yang berfungsi untuk mengundang para wisatawan untuk berkunjung ke OKU Selatan. Untuk tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten OKU Selatan mempunyai kalender event diantaranya JASS#8, Rafting Competition, Festival Danau Ranau, Tour The Ranau yang merupakan event Nasional.

Dalam kesempatan ini juga dijelaskan rencananya pada Agustus tahun 2019 ini akan digelar event nasional yaitu Tour The Ranau, salah satunya Gran Fondo bersepeda dengan lintasan disepanjang garis pantai Danau Ranau.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terus mengembangkan potensi-potensi yang ada dengan berbagai strategis. Diharapkan untuk semua pihak terkait khususnya organisasi-organisasi Perangkat Daerah dalam pengembangan baik promosi dan dukungan-dukungan lain yang sifatnya mengembangkan potensi wisata yang ada, mari bersinergi untuk memajukan pariwisata yang ada di Kabupaten OKU Selatan. Tentunya dengan berkembangnya pariwisata di Kabupaten OKU Selatan, secara tidak langsung akan meningkatkan Pendapatan asli Daerah di Kabupaten OKU Selatan.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal March 15, 2019 21:40

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
19 March, 2019, 4:53 pm
 

Berawan
30°C
flik: 31°C
barr: 1010 mb
winds: 4 m/s SSB
matahari terbit: 6:08 am
matahari tenggelam: 6:15 pm
Ramalan 19 March, 2019
siang
 

Berawan
30°C
winds: 2 m/s SB
malam
 

Sebagian berawan
20°C
winds: 1 m/s B
More forecast...