MENUJU KABUPATEN LAYAK ANAK, PEMKAB OKUS FOKUSKAN RAD

portal
By portal March 11, 2019 21:26

MENUJU KABUPATEN LAYAK ANAK, PEMKAB OKUS FOKUSKAN RAD

Muaradua (11/03) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDA Litbang) Kabupaten OKU Selatan, pagi tadi telah menggelar rapat dan pemaparan laporan pendahuluan Dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2019-2021 (senin/11/03).

Hadir langsung dalam kesempatan ini Kepala BAPPEDA Litbang Kabupaten OKU Selatan Natalion, S.STP.,M.Si. Kepala Dinas PPKB PP dan PA Kabupaten OKU Selatan Bulan Dina, SKM.

Dalam sambutannya Kepala BAPPEDA Litbang menyampaikan, bahwa Kabupaten OKU Selatan harus menjadi KLA. Untuk menjadi KLA harus ada RAD, meskipun dengan jumlah anggaran yang terbatas, di tahun 2019 harus sudah rampung untuk RAD.

RAD sendiri merupakan dasar dari adanya KLA, RAD sifatnya lintas sektoral karena semua OPD-OPD terkait dalam berjalannya RAD ini. RAD juga merupakan panduan untuk menjadi KLA. “Nanti setelah RAD ini selesai untuk OPD-OPD yang masuk dalam daftar Matrik RAD-KLA Kabupaten OKU Selatan Tahun 2019-2021 agar dapat memasukan kegiatan rencana aksi dalam matrix RAD-KLA ke dalam Renstra masing-masing OPD,” ungkap Kepala BAPPEDA.

Natalion juga menyampaikan harapannya, ditahun 2019 dengan adanya RAD ini akan bisa dinilai kedepannya dan OPD-OPD segera melaksanakan kegiatan-kegiatan dan berpedoman dengan RAD-KLA.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BAPPEDA Litbang Kabupaten OKU Selatan Zulkhaidirsyah dalam kesempatan ini memaparkan langsung terkait laporan pendahuluan RAD-KLA Tahun 2019-2021.

Dalam paparannya Zulkhaidirsyah menjelaskan, bahwa ada lima klaster konvensi hak untuk bisa menjadi Kabupaten layak Anak yaitu dengan mewujudkan lima klaster yakni :
Klaster I, hak sipil dan kebebasan
Klaster II, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif
Klaster III, kesehatan dasar dan kesejahteraan
Klaster IV, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya
Klaster V, perlindungan khusus.

Selanjutnya, dijelaskan juga Matrik RAD-KLA Kabupaten OKU Selatan Tahun 2019-2021, yang mana Indikator dan Rencana Aksi dalam Matrik tersebut dilaksanakan oleh lintas sektoral, diantaranya DPPKB PP dan PA, BAPPEDA Litbang, Disdukcapil, Diskominfo, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU PR, KUA Kabupaten OKU Selatan, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Dinas Sosial.

Kepala DPPKB PP dan PA dalam sambutannya menyampaikan, bahwa KLA ini sangat begitu penting karena anak-anak di Indonesia perkembangannya begitu menyedihkan dengan sering terjadinya permasalahan-permasalahan yang dialami oleh sebagaian besar anak-anak. Oleh sebab itu Menteri Pelindungan Anak RI memprioritaskan membentuk KLA, dengan harapan Kabupaten/Kota bisa menghasilkan anak-anak yang berkualitas dan sehat. Yang mana anak merupakan investasi SDM, dan anak sebagai tongkat estafet penerus masa depan bangsa.

Kabupaten/Kota Layak Anak adalah Kabupaten/Kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

Kegiatan yang digelar di Aula BAPPEDA Litbang Kabupaten OKU Selatan ini, diikuti oleh perwakilan masing-masing OPD di Lingkup Pemkab OKU Selatan.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal March 11, 2019 21:26

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
19 March, 2019, 5:18 pm
 

Berawan
29°C
flik: 31°C
barr: 1010 mb
winds: 3 m/s SSB
matahari terbit: 6:08 am
matahari tenggelam: 6:15 pm
Ramalan 19 March, 2019
siang
 

Berawan
30°C
winds: 2 m/s SB
malam
 

Sebagian berawan
20°C
winds: 1 m/s B
More forecast...