KEPALA BAPPEDA LITBANG OKU SELATAN PIMPIN FGD BAHAS PROGRES PENGEMBANGAN BENDUNGAN TIGA DIHAJI

portal
By portal August 29, 2018 18:28

KEPALA BAPPEDA LITBANG OKU SELATAN PIMPIN FGD BAHAS PROGRES PENGEMBANGAN BENDUNGAN TIGA DIHAJI

Muaradua (29/08) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan bersama Perwakilan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR Republik Indonesia serta Perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VII mengelar Focus Group Discussion Penelitian Kebijakan Pengembangan dan Pengamanan Bendungan Komering II/Bendungan Tiga Dihaji di Ruang Rapat Terbatas Bupati OKU Selatan (rabu/29/08).

Mewakili Bupati OKU Selatan, diskusi ini dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan Natalion, S. STP., M. Si. dan turut hadir dalam kesempatan ini Aji Krisbandono, S.T.,M.Sc.,M.Eg. selaku Kepala Sub Bidang Kebijakan Kementerian PUPR Republik Indonesia. Hadir juga Para Kepala OPD terkait dalam pemanfaatan dari Pengembangan Bendungan Tiga Dihaji ini yakni Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Kepala Dinas PUTR, Dishub, Diskoperindag, Kepala BPS, Dirut PDAM, BPN, Camat Tiga Dihaji dan Kepala Desa Sukabumi Kecamatan Tiga Dihaji.

Dalam kesempatan ini Kepala Sub bidang Kebijakan Kementerian PUPR Republik Indonesia menyampaikan bahwasannya Bendungan Tiga Dihaji ini merupakan Proyek Strategis Nasional yang telah didiskusikan oleh Kabinet Kerja Presiden dan merupakan salah satu dari 49 Bendungan Baru yang akan dibangun oleh Pemerintah Pusat. Dalam kesempatan ini juga Pak Aji menyampaikan harapan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljiono bahwa apa yang sudah dianggarkan untuk pembangunan bendungan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah Setempat,  dengan harapan nantinya Pengembangan Bendungan Tiga Dihaji ini dapat bermanfaat dalam segala sektor diaantaranya, Sektor Perikanan, Sektor Industri, Sektor Perizinan Investasi, Sektor Pertanian. Dan Sektor Pariwisata.

Dijelaskan juga bahwasannya Bendungan Tiga Dihaji ini nantinya akan mensuplai kebutuhan air irigasi seluas 25.424 ha, mensuplai kebutuhan air domestik sebesar 0,98 m3/det,  pembangkit listrik dengan total kapasitas terpasang 76,3 Mega Watt, pemeliharaan sungai sebesar 3,7 m3/det, dan mendukung usaha-usaha swasembada pangan khususnya di Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Sub Bidang Kebijakan Kementerian PUPR Republik Indonesia juga menyampaikan semakin cepat dilaksanakan pembangunan, maka semakin cepat pula masyarakat akan merasakan manfaatnya.

Perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VII dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa untuk saat ini Progres Strategis Nasional Bendungan Tiga Dihaji ini tahapannya sudah selesai proses tender, tinggal menunggu penandatanganan kontrak yang akan ditandatangani bulan depan setelah itu aktivitas pembangunan akan dimulai. Dalam kesempatan ini juga diinformasikan bahwasanya untuk masalah pembayaran ganti rugi pembebasan lahan, rencananya akan dilakukan pada tanggal 5-6 September 2018, dengan syarat administrasi telah lengkap tanpa ada masalah apapun.

Dalam hal ini Kepala Desa Sukabumi Kecamatan Tiga Dihaji Bapak Amir Hamzah mewakili masyarakat setempat mengucapkan terima kasih dan sangat merasa lega dengan kabar baik ini, mengingat untuk masalah pembayaran ganti rugi pembebasan lahan ini sering menjadi pertanyaan masyarakatnya. Pada diskusi ini juga dibahas mengenai potensi-potensi apa saja yang akan dikembagkan setelah pembangunan bendungan ini selesai, diantaranya Dinas Pariwisata Kabupaten OKU Selatan telah membuat Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan. Serta Dinas Perikanan yang akan mengembangkan kolam air deras.

Untuk semua pihak mari bersinergi untuk mendukung pembangunan Bendungan Tiga Dihaji, dan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dalam hal ini sangat mendukung penuh dan akan membantu dalam segala hal. Semoga pembangunan Bendungan Tiga Dihaji ini dapat secepatnya dibangun, sehingga manfaat yang besar dapat dirasakan Pemerintah khususnya dalam peningkatan PAD, dan pastinya akan meningkatkan taraf kesejahteraan rakyat di Kabupaten OKU Selatan.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal August 29, 2018 18:28

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Failure notice from provider:
Location does not exist.