PENCANANGAN PELAKSANAAN IMUNISASI MEASLES RUBELLA (MR), PEMBERIAN OBAT CACING DAN VITAMIN A DINAS KESEHATAN KABUPATEN OKU SELATAN TAHUN 2018

portal
By portal August 3, 2018 13:25

PENCANANGAN PELAKSANAAN IMUNISASI MEASLES RUBELLA (MR), PEMBERIAN OBAT CACING DAN VITAMIN A DINAS KESEHATAN KABUPATEN OKU SELATAN TAHUN 2018

Muaradua (03/08) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan tadi pagi (jumat/03/08) menyelenggarakan Pencanangan Pelaksanaan Imunisasi Measlea Rubella (MR), Pemberian Obat Cacing, dan Bulan Vitamin A Tahun 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di SD N 04 Muaradua ini, dihadiri langsung oleh Asisten III H. Ramin Hamidi, S,E.,M.H.

Guna melengkapi imunisasi dasar lengkap dan menekan angka kesakitan dan kematian anak, maka mulai tahun 2017 Pemerintah telah menambahkan vaksin baru yaitu Measles dan Rubella (MR), imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan.

Pelaksanaan kampanye vaksin MR diberikan kepada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun, yang terdiri dari Posyandu, Paud, TK, SD, dan SMP. Sasaran MR di Kabupaten OKU Selatan adalah sebesar 94.793 anak dan ditargetkan selama periode Agustus sampai September 2018 sudah selesai dilaksanakan.

Setiap tahun, bulan Februari dan Agustus disebut sebagai bulan pemberian kapsul vitamin A, karena pada kedua bulan ini dilakukan pembagian suplementasi vitamin A pada anak dengan kelompok umur 6 sampai 59 bulan di seluruh Indonesia. Sasaran anak yang harus diberikan vitamin A tahun 2018 ini adalah umur 6-11 bulan sebanyak 3202 bayi dan umur 12-59 bulan sebanyak 18.495. Upaya ini dilakukan untuk memenuhi kecukupan asupan vitamin A pada balita.

Terdapat dua jenis kapsul vitamin A, yakni kapsul biru (dosis 100.000 International Unit) untuk bayi umur 6-11 bulan dan kapsul merah (posisi 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Sedangkan kapsul merah juga diberikan kepada ibu yang dalam masa nifas, dalam hal ini Pemerintah menyediakan kapsul Vitamin A tersebut agar masyarakat dapat memanfaatkannya tanpa dipungut biaya.

Dalam laporan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan, menyampaikan bahwa pemberian vitamin A perlu diiringi dengan pemberian obat cacing agar penyerapan zat gizi pada balita sempuran dan dapat meningkatkan status gizi masyarakat. Kecacingan pada anak akan menimbulkan masalah kesehatan berupa kekurangan gizi yang bersifat kronis, yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan resiko kesakitan dan kematian pada balita. Oleh karena itu penanggulangannya yaitu dengan pemberian obat cacing bagi balita, anak pra sekolah dan usia sekolah. Sasaran anak yang diberikan obat cacing ini adalah rentang usia 2-12 tahun dengan klasifikasi umur yaitu 12-23 bulan sebanyak 3672,2-6 tahun sebanyak 14.452, dan 7-12 tahun sebanyak 29.472.
Dalam kesempatan ini juga disampaikan pesan dari Menteri Kesehatan RI yang menegaskan bahwa kesehatan anak adalah bagian penting dari pembangunan nasional, karena masa depan Negara ditentukan oleh generasi bangsa yang harus senantiasa terjaga kesehatannya baik fisik, mental maupun sosial.

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan yang disampaikan langsung oleh Asisten III, bahwasannya Bupati mengajak semua pihak untuk dapat bekerjasama dan bersinergi dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan yang sedang dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten OKU Selatan.

Dengan secara resmi Pelaksanaan Imunisasi Measles Rubella (MR), Pemberian Obat Cacing dan Vitamin A Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan Tahun 2018 dimulai, yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Asisten III.

Selanjutnya, dalam kesempatan ini Asisten III bersama rombongan meninjau langsung pelaksanaan pemberian imunisasi, obat cacing dan Vitamin A yang dilaksanakan di ruang belajar siswa kelas VI SD 04 Muaradua.

Semoga dengan terlaksananya Imunisasi Measles Rubella (MR), dapat memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella yang ada di masyarakat khususnya di Kabupaten OKU Selatan.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal August 3, 2018 13:25

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
10 December, 2018, 9:45 am
 

Berawan
25°C
flik: 29°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s BSB
matahari terbit: 5:45 am
matahari tenggelam: 6:08 pm
Ramalan 10 December, 2018
siang
 

Hujan dan petir
31°C
winds: 1 m/s TST
malam
 

Hujan dan petir
22°C
winds: 0 m/s B
More forecast...