RAPAT KOORDINASI TPID KABUPATEN OKU SELATAN DAN LOUNCHING PENYAJIAN DATA HARGA PANGAN STRATEGIS DENGAN APLIKASI SEIMUSI TAHUN 2018

portal
By portal July 5, 2018 17:51

RAPAT KOORDINASI TPID KABUPATEN OKU SELATAN DAN LOUNCHING PENYAJIAN DATA HARGA PANGAN STRATEGIS DENGAN APLIKASI SEIMUSI TAHUN 2018

Muaradua (05/07) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Bagian Administrasi Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten OKU Selatan, tadi pagi (kamis/05/07) telah menggelar Rapat Koordinasi TPID Kabupaten OKU Selatan dan Lounching Penyajian Data Harga Pangan Strategis dengan Aplikasi SEIMUSI Tahun 2018.

Bertempat di Ruang Rapat Terbatas Bupati OKU Selatan, Rakor ini dihadiri langsung oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Hermansyah Said, SIP., Kabag Ekonomi dan SDA Setda OKU Selatan A. Verry Wijaya, SIP., Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan yang pada kesempatan ini diwakili oleh Rendha Prasetya Kuswono dan Edwin Surya Dewangga, dan Para Anggota TPID Kabupaten OKU Selatan.

Dalam kesempatan ini Kabag Ekonomi dan SDA Setda Kabupaten OKU Selatan menjelaskan bahwasannya TPID terus berupaya melalukan langkah-langkah dalam rangka penyelesaian hambatan dan permasalahan pengendalian inflasi di Kabupaten OKU Selatan. Langkah-langkah tersebut yakni dengan berupaya menstabilisasi harga pangan.  Kabag Ekonomi juga menyampaikan ada beberapa komponen komoditas pangan yang menyebabkan terjadinya inflasi di Kabupaten OKU Selatan diantaranya cabe, beras, bawang, ikan, dan daging.

Dalam sambutan Ketua TPID Kabupaten OKU Selatan H. Romzi,S.E.,M.Si. yang dalam kesempatan ini disampaikan langsung oleh Asisten II, bahwasannya TPID berperan dalam menjaga stabilitas harga di daerah. Inflasi atau gejolak kenaikan harga menjadi faktor penting dalam perekonomian, inflasi yang tak terkendali bisa membuat kondisi dan stabilitas perekonomian menjadi terganggu. Sekda juga menyampaikan harapannya setelah di launching Aplikasi SEIMUSI (Sistem Informasi Harga Komoditi Sumsel Terkini)  yang nantinya aplikasi ini berguna untuk mempermudah produsen dan konsumen dalam mendapatkan informasi terkini seputar komoditi pangan.  Dengan harapan setelah digunakannya aplikasi ini TPID Kabupaten OKU Selatan dapat mengetahui harga dan jika ada harga yang tidak wajar dapat segera terdeteksi sehingga harga dapat selalu stabil.

Untuk diketahui, SEIMUSI merupakan aplikasi berbasis android dan bisa diunduh melalui playstore, digunakan sebagai sistem peringatan dini (Early Warning System)  dengan tujuan mempermudah pemantauan kenaikan harga komoditas pangan di Sumsel.  Aplikasi ini mampu mendeteksi kenaikan harga yang tidak wajar dan memberikan informasi harga terkini dibeberapa pasar utama di setiap Kabupaten atau Kota yang ada di Sumsel, sehingga dapat memberikan sinyal sinyal peringatan kepada para anggota TPID untuk segera menetapkan respon kebijakan pengendalian harga secara cepat dan tepat sasaran.

Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan pada kesempatan ini juga menjelaskan potensi pengembangan budidaya jagung untuk menekan inflasi daerah di Kabupaten OKU Selatan. Yang mana potensi pengembangan lahan jagung di Kabupaten OKU Selatan mencapai 58.253 Ha,  yang nantinya dampak/hasil yang diperoleh dari pengembangan budidaya jagung di Kabupaten OKU Selatan dapat meningkatkan pemanfaatan lahan kering/tidur melalui budidaya tanaman pangan jagung dalam waktu yang relatif singkat 3-4 bulan sehingga modal petani bisa berputar dengan cepat. Tidak hanya hanya itu peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani di Kabupaten OKU Selatan yang mendorong peningkatan daya beli petani akan terjadi. Mengurangi inflasi daerah di Kabupaten OKU Selatan dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten OKU Selatan.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal July 5, 2018 17:51

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
20 October, 2018, 11:03 am
 

Cerah Berawan
28°C
flik: 34°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s S
matahari terbit: 5:41 am
matahari tenggelam: 5:55 pm
Ramalan 20 October, 2018
siang
 

Berawan dan petir
32°C
winds: 1 m/s SSB
malam
 

Hujan dan petir
22°C
winds: 0 m/s BSB
More forecast...