DINAS PERTANIAN KABUPATEN OKU SELATAN GELAR RAPAT KOORDINASI DENGAN KOMISI PENGAWASAN PUPUK DAN PESTISIDA (KP3)

portal
By portal July 3, 2018 15:21

DINAS PERTANIAN KABUPATEN OKU SELATAN GELAR RAPAT KOORDINASI DENGAN KOMISI PENGAWASAN PUPUK DAN PESTISIDA (KP3)

Muaradua (03/07) Dalam rangka mengoptimalisasi kinerja pengawasan pupuk dan pestisida yang beredar di Kabupaten OKU Selatan, serta menjamin penyaluran pupuk sesuai harapan dan titik bagi dengan baik. Maka tadi pagi (Selasa/03/07) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan menggelar Rapat Koordinasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Tahun 2018.

Bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan Rakor ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum H. Ramin Hamidi,S.E.,M.H. turut hadir juga Kepala Dinas Pertanian Ir. Asep Zudarno, M. EP. Selaku Ketua Pelaksana, serta Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten OKU Selatan A. Verry Wijaya, SIP., Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Diskanak, Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Kasat Pol-PP, Kasat Reserse Polres OKU Selatan, PPD PT Petro Kimia Gresik, PPD PT Pusri Palembang, UPTD TPH Se Kabupaten OKU Selatan, dan  Distributor Pupuk di OKU Selatan.

Dalam sambutan Ketua Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida Kabupaten OKU Selatan H. Romzi, S.E.,M.Si. yang dalam kesempatan ini disampaikan langsung oleh Asisten III, menyampaikan “meskipun berbagai perangkat perundang-undangan terkait dengan peredaran pupuk dan pestisida telah diterbitkan, namun kenyataannya dilapangan masih ditemukan pupuk dan pestisida ilegal, palsu yang tidak diketahui mutu dan efektivitasnya. Kasus lainnya pada pupuk subsidi masih ditemukan peredaran pupuk bersubsidi dengan harga melebihi HET (Harga Eceran Tertinggi). Mengingat kondisi tersebut maka pengawasan pupuk dan pestisida harus dilaksanakan secara terkoordinir antara pusat dan daerah serta instansi terkait di bidang pupuk dan pestisida agar penyaluran pupuk bersubsidi sesuai dengan kebutuhan kelompok tani/petani dan benar-benar telah diterima petani guna mencegah peredaran dan penyimpangan pupuk dan pestisida yang tidak terkendali”.

Ketua Komisi juga menyampaikan bahwa komisi pengawasan pupuk dan pestisida di Kabupaten OKU Selatan, bukan hanya sebagai wadah koordinasi pengawasan antar instansi terkait namun yang lebih penting adalah manfaat dan arti penting dari semua itu sebagai wadah koordinasi dalam upaya mengatasi permasalahan pupuk dan pestisida agar pupuk dan pestisida di lapangan tetap tersedia dan tidak terjadi kelangkaan pupuk dan pestisida di tingkat petani. Dan dengan harapan produksi dan produktivitas komoditi pertanian akan terus meningkat dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional Tahun 2018.

Dengan dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Ekonomi Setda OKU Selatan, Rapat Koordinasi ini dilanjutkan dengan pemberian materi Strategis Pengelolaan Pupuk Bersubsidi di Kabupaten OKU Selatan yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan.

Semoga melalui Rapat Koordinasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Kabupaten OKU Selatan, diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja pengawasan pupuk dan pestisida yang beredar sehingga lebih terjamin ketersediaan dan kualitasnya sehingga tidak merugikan pengguna dan lingkungan. Disamping itu, produsen, distributor dan pengecer dapat memenuhi kewajiban dalam penyediaan stok serta menyalurkan pupuk sesuai peruntukan dan wilayah kerja masing-masing.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal July 3, 2018 15:21

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
19 November, 2018, 11:53 am
 

Hujan dan petir
28°C
flik: 33°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s ST
matahari terbit: 5:39 am
matahari tenggelam: 5:59 pm
Ramalan 19 November, 2018
siang
 

Hujan dan petir
30°C
winds: 1 m/s ST
malam
 

Hujan dan petir
21°C
winds: 0 m/s BUB
More forecast...