RAPAT KOORDINASI PENDAPATAN ASLI DAERAH SEKTOR PAJAK SARANG BURUNG WALET

portal
By portal June 28, 2018 19:05

RAPAT KOORDINASI PENDAPATAN ASLI DAERAH SEKTOR PAJAK SARANG BURUNG WALET

Muaradua (28/06) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten OKU Selatan, pagi tadi (kamis/28/06) menggelar Rapat Koordinasi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten OKU Selatan Sektor Pajak Sarang Burung Walet Tahun 2018.

Hadir langsung pada rapat ini Bupati OKU Selatan Popo Ali M., B. Com., Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Hermansyah Said, SIP., Kepala Badan  Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten OKU Selatan Drs. Linkulin, M.M., Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Haris Munandar, S.H.,M.H. Para Camat dan Para Pengusaha Penangkar Sarang Burung Walet di Kabupaten OKU Selatan.

Dalam kesempatan ini Kepala BPRRD Kabupaten OKU Selatan menyampaikan, berdasarkan Perda No. 10 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah dan Peraturan Bupati  No. 35 Tahun 2012 tentang Persyaratan, Mekanisme dan Prosedur tetap Pemungutan Pajak Sarang Burung Walet. Pajak sarang burung walet adalah pajak atas kegiatan pengambilan dan atau pengusahaan sarang burung walet.  Untuk Subjek Pajak Sarang Burung Walet adalah Orang/Pribadi atau Badan yang melakukan pengambilan dan/atau mengusahakan Sarang Burung Walet di wilayah Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, maka diwajibkan membayar Pajak Sarang Burung Walet.

Dalam Surat Edaran Bupati OKU Selatan Nomor : 973/183/BPRRD/2018 tentang Pajak Sarang Burung Walet disampaikan bahwa dasar pengenaan Pajak Sarang Burung Walet adalah nilai jual sarang burung walet.  Besaran pokok pajak sarang burung walet yang terutang dihitung dengan cara mengalihkan tarif 10% dengan nilai jual sarang burung walet. Selanjutnya untuk pembayaran Pajak Sarang Burung Walet dilakukan oleh orang pribadi maupun badan melalui Bank Sumsel Babel Cabang Muaradua atau Bendahara Penerimaan Badan Pengelola Pajak Retribusi Daerah Kabupaten OKU Selatan dengan melampirkan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD)  dan Surat Setoran Pajak Daerah (SSPD)  yang dikeluarkan oleh BPRRD Kabupaten OKU Selatan.

Untuk diketahui sistem yang digunakan pada pemungutan Pajak Sarang Burung Walet yakni menggunakan Sistem Menghitung Sendiri (Self Assesment System) yaitu Wajib Pajak menghitung, mengisi SPTPD dan Menyetor sendiri pajaknya. Dan Sistem Ketetapan (Official Assesment System)  adalah suatu sistem pemungutan yang memberi wewenang kepada BPRRD untuk menentukan besarnya pajak yang terutang oleh wajib pajak.

Pengusaha penangkar burung walet yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Bapak Nursamsu menyampaikan bahwasannya selaku pengusaha burung walet sangat berterimakasih dan sangat menerima serta antusias untuk membayar.  Semoga nantinya target pendapatan dari sarang burung walet ini akan terpenuhi.

Dalan arahannya Bupati sangat mengapresiasi langkah yang telah diambil oleh Kepala BPRRD Kabupaten OKU Selatan dalam rangka membangun daerah. Apresiasi yang luar biasa juga diberikan kepada para pengusaha penangkar sarang burung walet yang telah hadir dan antusias untuk membayar  pajak sarang burung walet. Semoga dengan bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang merupakan salah satu Sumber Pendapatan  Daerah yang mempunyai peranan penting guna menunjang kelancaran roda Pemerintah Daerah di Kabupaten OKU Selatan akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam hal ini Bupati OKU Selatan, Ketua DPRD Kabupaten OKU Selatan dan Kepala BPRRD Kabupaten OKU Selatan sebagai warga negara yang taat pajak, telah membayar pajak sarang burung walet.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal June 28, 2018 19:05

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
21 November, 2018, 1:26 am
 

Berawan
23°C
flik: 25°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s BSB
matahari terbit: 5:39 am
matahari tenggelam: 6:00 pm
Ramalan 21 November, 2018
siang
 

Hujan dan petir
31°C
winds: 1 m/s BSB
malam
 

Berawan dgn petir
21°C
winds: 1 m/s BSB
More forecast...