BPKAD OKU SELATAN GELAR RAPAT KOORDINASI TENTANG UPAYA PENGELOLAAN SUMBER-SUMBER PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN OKU SELATAN

portal
By portal May 16, 2018 14:46

BPKAD OKU SELATAN GELAR RAPAT KOORDINASI TENTANG UPAYA PENGELOLAAN SUMBER-SUMBER PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN OKU SELATAN

Muaradua Bertempat di Ruang Rapat Terbatas Bupati OKU Selatan, tadi pagi  Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten OKU Selatan telah menggelar Rapat Koordinasi tentang Upaya Pengelolaan Sumber-Sumber Pendapatan Daerah Dalam Pelaksanaan Pembangunan di Kabupaten OKU Selatan.

Rakor yang dipimpin langsung oleh Sekda Kabupaten OKU Selatan H. Romzi, SE, M.Si didampingi Kepala BPKAD OKU Selatan M. Rahmatullah, S.STP.,M.M serta dihadiri oleh seluruh Kepala OPD yang memiliki Target Pendapatan Daerah pada APBD Kabupaten OKU Selatan Tahun Anggaran 2018 digelar guna mengambil langkah-langkah yang tepat sehingga kondisi keuangan di Pemerintahan Kabupaten OKU Selatan dalam kondisi baik dan mampu membiayai pembangunan daerah yang sedang dilaksanakan pada tahun 2018 ini. Dalam rapat koordinasi tersebut, dibahas antara lain :

1) Optimalisasi Realisasi PAD

Pendapatan Asli Daerah (PAD)  merupakan salah satu bentuk wujud nyata yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah khususnya di Kabupaten OKU Selatan untuk menunjukkan kemandiriannya.  Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten OKU Selatan terus berupaya menggali potensi yang ada guna meningkatkan PAD di Kabupaten OKU Selatan, yang nantinya pendapatan ini berguna untuk menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten OKU Selatan. Terdapat lima belas OPD yang memiliki target PAD di OKU Selatan.

Dari lima belas OPD tersebut, sampai dengan Semester I per tanggal 26 Juni 2018 hampir 50% OPD sudah mencapai target pendapatan, dan terdapat beberapa hambatan pada pencapaian target pendapatan tersebut. Untuk mengatasi hambatan yang ada tersebut Pemerintah Kabupaten OKU Selatan yang dalam hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan H. Romzi, S.E.,M.Si. menyampaikan bahwasannya seluruh OPD yang menjadi sumber-sumber PAD untuk terus mengoptimalkan dan menggunakan strategi yang baik  guna merealisasikan pendapatan yang telah ditargetkan. Tentunya dalam hal ini Pemerintah Kabupaten OKU Selatan terus mengoptimalkan pengawasan dari berbagai sektor komposisi PAD. Sekda juga menyampaikan semakin tinggi pendapatan daerah maka semakin tinggi tingkat pembangunan daerah.

Tentunya agar PAD meningkat OPD-OPD yang menjadi sumber PAD diharapkan dapat terus menggali peluang dan potensi yang ada di Bumi Serasan Seandanan. Tidak hanya OPD, diharapkan juga kepada seluruh masyarakat wajib pajak untuk selalu membayar kewajibannya tersebut. Yang mana Pajak Daerah dan Retribusi merupakan sumber PAD utama di Kabupaten OKU Selatan.

2) Optimalisasi sumber pendapatan daerah yang berasal dari APBD Provinsi Sumatera Selatan dengan meningkatkan koordinasi sehingga target pendapatan tersebut dapat terealisasi 100 persen.

3) Optimalisasi sumber pendapatan dari APBN

Dalam rakor ini diminta kepada OPD yang mendapatkan Dana Alokasi Khusus untuk mempedomani ketentuan yang berlaku dengan melakukan percepatan kontrak dan pelaksanaannya sehingga tepat waktu. Karena apabila OPD tidak mempedomaninya maka Dana Alokasi Khusus tidak disalurkan ke kas daerah, tentunya hal ini sangat merugikan keuangan daerah dan mengganggu pelaksanaan pembangunan.

Disamping itu juga ditekankan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa untuk mengawal penggunaan dana desa agar dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal May 16, 2018 14:46

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
24 September, 2018, 3:30 am
 

Sebagian berawan
22°C
flik: 23°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s B
matahari terbit: 5:52 am
matahari tenggelam: 5:59 pm
Ramalan 24 September, 2018
siang
 

Cerah hingga sebagian berawan
34°C
winds: 1 m/s UT
malam
 

Sebagian berawan
19°C
winds: 0 m/s BSB
More forecast...