PEMERINTAH KABUPATEN OKU SELATAN MENUJU AGROWISATA KEBUN KOPI DESA KINTAMANI UNTUK MELIHAT PROSES PEMBUATAN KOPI LUWAK DAN BERBAGAI JENIS KOPI

portal
By portal March 14, 2018 13:58

PEMERINTAH KABUPATEN OKU SELATAN MENUJU AGROWISATA KEBUN KOPI DESA KINTAMANI UNTUK MELIHAT PROSES PEMBUATAN KOPI LUWAK DAN BERBAGAI JENIS KOPI

Muaradua (14/03) Dalam meningkatkan kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten OKU Selatan,  pada 26 Februari 2018 TPID Kabupaten OKU Selatan telah melakukan High Level Meeting di Kabupaten Badung Provinsi Bali.

Kabupaten Badung merupakan Kabupaten yang mendapatkan penghargaan sebagai TPID berprestasi 2015 yang diumumkan pada saat Rakornas TPID 2016, tidak hanya itu TPID Badung juga menerima penghargaan sebagai TPID pendatang baru berprestasi Tahun 2016 yang diumumkan pada Rakornas TPID Tahun 2017.

Pada High Level Meeting ini TPID Kabupaten OKU Selatan diketuai langsung oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Hermansyah Said, S. Ip, serta Kepala Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan,  Dinas Koperindagkop,  dan Dinas Kominfo Kabupaten OKU Selatan.  Hadir juga Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten OKU Selatan Windia Alhadipuro, S. E., Gunawan Sucita, dan Anton Darmawan.

High Level Meeting ini dilaksankan  di Kantor Bupati Badung yang dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Ekonomi Perekonomian Sekretaris TPID Kabupaten Badung A. A. Sg. Rosyawati.

Dalam paparanya Sekretaris TPID Kabupaten Badung menyampaikan bahwa terdapat 8 komoditas dengan harga paling sering bergejolak (mengacu pada inflasi Provinsi Bali dan karakteristik daerah Kabupaten Badung), yaitu beras, daging ayam ras, telur ayam ras, daging babi, bawang merah, cabai rawit, cabai rawit merah, cabai rawit besar dan ikan tongkol. Permasalahan yang paling menonjol pada tahun 2017 adalah terjadinya kenaikan harga beberapa komoditas secara signifikan, seperti kenaikan harga cabe dan bawang putih. Salah satu penyebab meningkatnya harga komoditas tersebut adalah kerena berkurangnya jumlah produksi. Berkurangnya produksi sendiri bisa terjadi akibat berbagai hal seperti adanya bencana alam, cuaca, dan karena alih fungsi lahan.

Berikut Implementasi Kebijakan yang dilakukan TPID Kabupaten Badung :

  1. Pembangunan Infrastruktur jalan dan jembatan;
  2. Pembangunan infrastruktur pendukung peningkatan ketahanan pangan/swasembada pagan;
  3. Program penguatan dan kapasitas SDM petani;
  4. Program peningkatan produksi pertanian dan hortikultura;
  5. Program pemetaan surflus defisit komoditas tanaman pangan dan hortikultura;
  6. Program penguatan kelembagaan dan kapasitas peternak;
  7. Program peningkatan produksi peternakan;
  8. Program penguatan kelembagaan dan kapasitas perikanan dan nelayan;
  9. Peningkatan produksi perikanan;
  10. Program pemetaan surflus defisit perikanan;
  11. Revitalisasi pasar;
  12. Pengendalian harga melalui pemantauan harga dan pasar murah.

Tidak hanya melaksanakan High Level Meeting dengan TPID Kabupaten Badung,  TPID Kabupaten OKU Selatan juga mengunjungi kerajinan perak di Desa Celuk Kabupaten Badung, setelah itu pada 27 Februari 2018 rombongan TPID Kabupaten OKU Selatan menuju UPT Dinas Peternakan,  Perikanan dan Kelautan Kabupaten Badung untuk menyaksikan proses inseminasi hewan sapi. Selanjutnya TPID Kabupaten OKU Selatan mengunjungi kerajinan batik tulis khas Bali untuk melihat langsung proses pembuatan kain tenun. Dilanjutkan pada 28 Februari 2017 TPID Kabupaten OKU Selatan menuju agrowisata kebun kopi Desa Kintamani untuk melihat proses pembuatan kopi luwak dan berbagai jenis kopi.

SUMBER : DISKOMINFO OKU SELATAN

portal
By portal March 14, 2018 13:58

BUPATI DAN WAKIL BUPATI OKU SELATAN

PETA OKU SELATAN

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
19 November, 2018, 12:06 pm
 

Hujan dan petir
28°C
flik: 33°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s ST
matahari terbit: 5:39 am
matahari tenggelam: 5:59 pm
Ramalan 19 November, 2018
siang
 

Hujan dan petir
30°C
winds: 1 m/s ST
malam
 

Hujan dan petir
21°C
winds: 0 m/s BUB
More forecast...