UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL (HKN) DI AWAL TAHUN 2018

portal
By portal January 15, 2018 10:46

UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL (HKN) DI AWAL TAHUN 2018

Muaradua (15/01) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan pagi tadi telah menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang diselenggarakan rutin setiap satu bulan sekali. Bertempat di Lapangan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, Upacara ini diikuti oleh seluruh Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan. Dalam kesempatan ini  Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten OKU Selatan menjadi petugas pada Upacara HKN diawal Tahun 2018.

Rahmin Hamidi, S.E., M.H. selaku Asisten III menjadi Pembina Upacara pada peringata HKN. Pada kesempatan ini Asisten III menyampaikan Arahan Bupati OKU Selatan bawasannya dalam Upacara yang diselenggarakan setiap bulan ini, janganlah dianggap sebagai formalitas belaka karena upacara dalam rangka memperingati HKN ini seyogyanya memiliki nilai yang sangat luhur dalam membangkitkan semangat dan mengingatkan kita sebagai abdi masyarakat yang mempunyai fungsi utama yaitu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dan Negara.

Kesadaran dalam membayar Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sangat penting, karena Pajak dan Retribusi Daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah guna membiayaii penyelenggaraan Pemerintah Kabupatan OKU  Selatan dalam menetapkan Otonomi Daerah yang luas, nyata dan bertangung jawab. Sehingga pemberian kewenangan dalam pengenaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah diharapkan dapat mendorong kita semua untuk terus mengoptimalakan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang disebut pajak adalah kontribusi wajib kepada Daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah  bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat, sedangkan Retribusi Daerah yang selanjutnya disebut retribusi adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang disediakan khusus dan/atau diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk kepentingan orang pribadi atau Badan.

Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten OKU Sealatan Tahun 2018 Sebesar Rp.  41.950.500.000,00 (Empat Puluh Satu Miliar Sembilan Ratus Lima Puluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) yang bersumber dari:

  1. Pajak Daerah sebesar Rp. 9.255.500.000,00,- (Sembilan Milyar Dua Ratus Lima Puluh Lima Juta Lima Ratus Ribu Rupiah),

  1. Retribusi Daerah sebesar Rp. 5.095.000.000,00,- (Lima Milyar Sembilan Puluh Lima Juta Rupiah),

  1. Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah sebesar Rp. 3.600.000.000,- (Tiga Milyar Enam Ratus Juta Rupiah), dan

  1. Lain-Lain Pendapatan yang SAH sebesar Rp. 24.000.000.000,00,- (Dua Puluh Empat Milyar Rupiah).

Untuk itu dalam momentum peringatan HKN ini ditekankan kepada Pegawai yang mengikuti jalannya Upacara untuk segera menyusun langkah-langkah serta upaya strategis guna meningkatkan realisasi target Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dimasing-masing OPD Pemungut Pajak dan Retribusi Daerah, dan salah satu indikator penilaian keberhasilan kinerja dalam memimpin OPD adalah tercapainya Realisasi Pajak dan Retribusi Daerah.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

portal
By portal January 15, 2018 10:46

PRAKIRAAN CUACA

Muaradua
18 June, 2018, 7:05 am
 

Berawan
22°C
flik: 25°C
barr: 1010 mb
winds: 1 m/s B
matahari terbit: 6:09 am
matahari tenggelam: 6:01 pm
Ramalan 18 June, 2018
siang
 

Cerah hingga sebagian berawan dgn petir
29°C
winds: 1 m/s UT
malam
 

Sebagian berawan
21°C
winds: 0 m/s B
More forecast...