Home BERITA TERBARU Sosialisasi Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah, Penerbitan Buku Nikah, Dokumen Kependudukan, dan Pencatatan Sipil di Aula Pemerintah Kabupaten OKU Selatan

Sosialisasi Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah, Penerbitan Buku Nikah, Dokumen Kependudukan, dan Pencatatan Sipil di Aula Pemerintah Kabupaten OKU Selatan

4 min read
0
0
120

Muaradua (09/08) Pelayanan Terpadu merupakan inisiatif yang didorong oleh tiga Direktorat Jenderal yaitu, Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Inisiatif tersebut memadukan antara sidang itsbat nikah, penerbitan buku nikah dan penerbitan akta kelahiran dalam satu pelayanan. Dalam hal ini Istbat Nikah dilakukan oleh Pengadilan Agama (PA), penerbitan buku nikah oleh Kantor Urusan Agama (KUA) dan penerbitan Akta Kelahiran atau sejenisnya oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Melalui kemitraan untuk keadilan, dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat tentang pemahamanan pentingnya identitas hukum (Akta Kelahiran, Akta Nikah, dan Akta Cerai) ketiga bentuk dokumen identitas hukum tersebut berkaitan satu sama lain. Pemerintah Memaklumi bahwa tuntutan masyarakat semakin tinggi mengenai ketentuan identitas hukum bagi pasangan suami isteri yang tidak tercatat di Kantor Urusa  Agama yang diistilahkan dengan sebutan Itsbat Nikah.

Pasangan suami isteri yang ingin perkawinannya di catat di KUA dan mendapat salinan buku nikah memerlukan penetapan Istbat Nikah dari Pengadilan Agama. Sedangkan mayoritas permohonan Itsbat Nikah yang di ajukan di masyarakat ke Pengadilan Agama melalui pelayanan terpadu adalah dari kalangan yang tidak mampu secara finansial.

Untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah Kabupaten OKU Selatan Melalui Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang di Pimpin Oleh Ibu Dra. Lia Tirtayana, M. Si menyelenggarakan Sosialisasi Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah, Penerbitan Buku Nikah, Dokumen Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Kemarin (08/08/2017) bertempat di Aula Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

Asisten III mewakili atas nama Bupati OKU Selatan hadir langsung pada acara Pembukaan Sosialisasi Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah, Penerbitan Buku Nikah, Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten OKU Selatan. Serta turut hadir Kepala Organisasi Perangkat Daerah , Para Camat dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan sekaligus membuka Acara Sosialisasi Pelayanan Terpadu Istbat Nikah, Penerbitan Buku Nikah, Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang disampaikan langsung oleh menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh peserta sosialisasi yang telah menyempatkan hadir harapannya, dengan adanya sosialisasi pelayanan terpadu tentunya akan memberikan informasi tentang kepastian identitas hukum kepada masyarakat, sehingga tercipta administrasi kependudukan yang teratur. Pelayanan terpadu sangat besar manfaatnya terutama kalangan masyarakat tidak mampu, hal ini memudahkan bagi anak-anak terutama dalam proses administrasi pendidikan, selain itu juga manfaatnya dapat memangkas biaya, mendekatkan layanan pada masyarakat yang membutuhkan, dan menyederhanakan proses demi terciptanya pelayana  maksimal bagi masyarakat sehingga menghasilkan penataan administrasi yang teratur kedepan.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

Tampilkan lagi artikel terkait
tampilkan artikel lain dari admin
tampilkan artikel lain di BERITA TERBARU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cek Juga!

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo. B. Commerce Hadir Langsung Pada Acara Pelepasan dan Pemberangkatan Jama’ah Haji Kabupaten OKU Selatan Tahun 2017

Muaradua (21/08) Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo. B. Commerce Hadir langsung pada acar…