Home BERITA TERBARU Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten OKU Selatan

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten OKU Selatan

3 min read
0
0
244

Muaradua (02/06) Bupati Ogan Komering Ulu Selatan  Popo Ali, B. Commerce menjadi inspektur upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara digelar  di halaman  Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan jumat pagi ini. Tahun ini merupakan tanggal merah pertama peringatan hari lahir pancasila pada tanggal 1 Juni 2017.

Dalam sambutannya Bupati Ogan Komering Ulu Selatan menyampaikan sambutan  Presiden RI Ir. Joko Widodo yang disampaikan pada hari kamis tanggal 01 juni 2017,  yang berisi bahwa upacara ini dilaksanakan untuk meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila sebagai dasar bemasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan pancasila pada tanggal 1 juni 1945 yang dipidatokan Ir. Suekarno, piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding father’s, para nama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan, kebinekaan kita sedang diuji. saat ini ada pandangan dan tindakaun yang mengancam kebinekaan dan keikaan kita  saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi salain pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan  Hoak alias kabar bohong.

Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosila, terorisme dan perang saudara. Dengan pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong memajukan negeri. Dengan pancasila indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil, makmur ditengah kemajemukan.

Jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan diantara kita, mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu membahu, bergotong royong demi kemajuan Bangsa Indonesia.

Selamat hari lahir pancasila. Kita Indonesia, kita pancasila. Kita semua Indonesia, kita semua pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

Tampilkan lagi artikel terkait
tampilkan artikel lain dari admin
tampilkan artikel lain di BERITA TERBARU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cek Juga!

Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo. B. Commerce Hadir Langsung Pada Acara Pelepasan dan Pemberangkatan Jama’ah Haji Kabupaten OKU Selatan Tahun 2017

Muaradua (21/08) Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo. B. Commerce Hadir langsung pada acar…