Home BERITA TERBARU Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dan DPRD Desak PLN Bergerak Cepat Untuk Mengatasi Mati Listrik di Kabupaten OKU Selatan

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dan DPRD Desak PLN Bergerak Cepat Untuk Mengatasi Mati Listrik di Kabupaten OKU Selatan

7 min read
0
0
166

Muaradua (05/10) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan pada siang kemarin (rabu /04/10/) telah melaksanakan Audiensi bersama para Manager PLN terkait Aksi Damai yang telah digerakkan pada senin (02/10) kemarin.

Dalam kesempatan ini hadir langsung Bupati Ogan Komering Ulu Selatan Popo Ali Martopo, B. Commerce, Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan Solehien Abuasir, SP.,M.Si., Sekretaris Pemerintah Daerah OKU Selatan H. Romzi, S.E., M.Si., Ketua DPRD OKU Selatan Yohana Yudhayanti, S.E., Ketua Komisi  I beserta Anggota, Ketua Komisi II DPRD Faisal Ranopa beserta Anggota, Perwira Penghubung, Perwakilan dari Kapolres, Asisten I, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perumahan dan Pemukiman dan Dinas Perizinan. Audiensi juga dihadiri oleh para manager PLN yakni, Manager PLN Area Lahat, Manager Distribusi Palembang, Manager Bidang SDM, Humas PLN WS2JB, Manager Muaradua, dan Supervisor Tehnik Muaradua.

Pemerintah OKU Selatan dalam hal ini sangat berharap kepada pihak PLN untuk dapat berkomunikasi secara baik khusunya dengan pihak Pemerintah OKU Selatan, untuk ikut membantu pihak PLN dalam menyelesaikan permasalahan kelistrikan di Kabupaten OKU Selatan sesuai dengan wewenang yang bisa dibantu oleh Pemerintah OKU Selatan dalam kelancaran  pembangunan Gardu Induk maupun  Inventarisasi Jaringan yang ada di sepanjang jalan Kabupaten OKU Selatan.

Bupati juga menyampaikan  harapannya kepada pihak PLN dalam waktu dekat agar segera betindak cepat/bergerak dalam mengatasi permasalahan ini. Pemerintah Kabupaten OKU Selatan akan siap membantu jika permasalahannya ada kaitanya dengan pohon/tanam tumbuh. Pemerintah Kabupaten OKU Selatan akan berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa setempat untuk membantu pihak PLN dalam Inventarisasi Jaringan, serta bersama-sama mengawasi termasuk DPRD untuk memberikan dukungan terhadapa Pimpinan PLN Rayon Muaradua dalam meminta solusi.

Bupati kembali berharap Pihak PLN ada komunikasi yang baik, supaya ketika ada masalah pembangunan Gardu Induk (GI) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dapat membantu dan dengan hal ini Bupati akan menyampaikan dan berkomunikasi dengan OKU Timur terkait masalah Tapak Tower. Karena mengingat kelistrikan ini bukan hak wewenang Pemerintah Kabupaten OKU Selatan sehingga perlu adanya komunikasi yang baik antara pihak PLN dengan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, ketika terjadi kendala Pemerintah Kabupaten OKU Selatan siap membantu demi meningkatkan pelayanan kelistrikan di Kabupaten OKU Selatan. Juga, kembali mengingat dari penjelasan pihak PLN bahwa :

  • Meningkatkan daya kelistrikan di Kabupaten OKU Selatan mau tidak mau Gardu Induk harus ada karena Gardu Induk adalah kunci dalam permasalahan kelistrikan di Kabupaten OKU Selatan. Sedangkan, Pihak PLN masih terkendala dalam masalah Tapak Tower pembangunan SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) pada Wilayah Lahan OKU Timur yang berjumlah 63 Titik dengan sisa 7 titik yang belum terbebaskan. Selanjutnya, ada 45 titik milik warga yang belum terbebaskan dan 21 Titik milik WMK.
  • Meningkatkan pelayanan kelistrikan di Kabupaten OKU Selatan dalam jangka pendek yaitu pihak PLN masih membangun penyulang 20 KV dari Baturaja dan Liwa.

Dari penjelasan tersebut Pemerintah Kabupaten OKU Selatan akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten OKU Timur guna kelancaran pembangunan Tapak Tower SUTT ini, karena dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang ada hanya pada pembebasan lahan Tapak Tower SUTT yang ada di Lahan OKU Timur. Dalam hal ini Pemerintah OKU Selatan meminta Kepada Pihak PLN agar dapat berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan titik mana saja yang belum terbebaskan yang berada di Kabupaten OKU Timur.

Ketua DPRD Kabupaten OKU Selatan atas nama masyarakat OKU Selatan juga  berharap kepada pihak PLN agar kondisi kelistrikan di Kabupaten OKU Selatan selalu dalam kondisi kondusif, selanjutnya mulai minggu ini diharapkan Pihak PLN untuk segera meninjau dan terjun langsung ke lapangan guna mengetahui kendala-kendala apa saja yang menjadi masalah sehingga menyebabkan persoalan mati lampu di Kabupaten OKU Selatan, dan bersama-sama dapat meyelesaikan persoalan ini sampai Gardu Induk yang masih dalam proses pengerjaan selesai. Untuk jangka pendek diharapkan dapat rampung pada Bulan Desember ini, dengan melaksanakan penebangan Pohon tumbuh di tiga Kabupaten yaitu, OKU, OKU Selatan dan OKU Timur. Ketua DPRD OKU Selatan kembali  menegaskan permasalahan ini harus selesai pada akhir bulan Desember ini guna meningkatkan Pelayanan kelistrikan sehingga menciptakan kondisi yang kondusif di Kabupaten OKU Selatan.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

Tampilkan lagi artikel terkait
tampilkan artikel lain dari admin
tampilkan artikel lain di BERITA TERBARU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cek Juga!

Hari Santri Nasional Untuk Kebangkitan Para Santri Dalam Berbhakti dan Ikhlas Mengabdi Untuk Negeri Indonesia

Muaradua (22/10) Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan melalui  Bagian Kesejahter…