Home BERITA TERBARU Lomba Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Tingkat Provinsi di Kabupaten OKU Selatan Tahun 2017

Lomba Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Tingkat Provinsi di Kabupaten OKU Selatan Tahun 2017

4 min read
0
0
64

Muaradua (05/10) Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan, melaksanakan Penilaian Lomba Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS)  tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2017. lomba PHBS dilaksanakan di Desa Kotaway Kecamatan Buay Pemaca di mana Desa Kotaway menjadi salah satu desa terbaik pertama pada lomba PHBS tingkat Kabupaten dan untuk terbaik ke II Desa Tekana Kecamatan Buana Pemaca terbaik ke III Desa Simpang Lubuk Dalam Kecamatan Muaradua Kisam. yang di hadiri langsung oleh Wakil Bupati OKU Selatan Sholihin Abuasir,SP.,M.Si, beserta ibu, di hadiri juga oleh Ketua TP-PKK Kabupaten OKU Selatan Ibu. Isyana Loneta Sari Popo beserta anggota, Ketua Tim Penilai Lomba PHBS Provinsi Sumatera Selatan Kasi Promkes Dinas Kesehatan Bapak. H. Imam Subroto, SKM.,M.Kes,beserta anggota, Ketua DWP beserta anggota, Dinas Pendidikan, Dinas KBPPA, Dinas PU dan PR, Dinas LH, Dishub, DPMPD, DISKOMINFO, Bagian Humas dan Protokol, Kapolsek Buay Pemaca, Camat Se-Kabupaten OKU Selatan, Kepala Desa Se-Kecamatan Buay Pemaca.

Dalam laporannya Bapak. Muhlisin Arifin selaku Kepala Desa Kotaway meyampaikan bahwasannya untuk mengetahui derajat kesehatan masyarakat desa dapat diperoleh melalui pendataan terhadap masyarakat desa tentang Perilaku Hidup yang bersih dan sehat, di Desa Kotaway terdapat 10 orang kader PHBS yang mempunyai tugas :

  1. Pendataan PHBS rumah tangga.
  2. Sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar mau dan mampu melakukan PHBS untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya mencegah resiko terjadinya penyakit melindungi diri dari ancaman penyakit serta berperan akyif dalam gerakan kesehatan masyarakat.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati OKU Selatan Sholihin Abuasir, SP.,MSi meyampaikan PHBS adalah sekumpulan perilaku yang di praktekkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok, atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri ( mandiri ) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan maayarakat.

PHBS merupakan program perlombaan yang dilaksanakan pemerintah dalam rangka menilai tingkat perilaku warga masyarakat dalam lingkup suatu desa dalam menerapkan dan menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mengwujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi- tingginya sangat perlu menjadikan PHBS sebagai gaya hidup pada kehidupan sehari- hari dirumah tangga dan lingkungan hidup.

Pemerintah mengharapkan agar pada momentum ini akan menjadi awal yang baik khususnya bagi desa Kotaway dan umumnya untuk seluruh desa di Kabupaten OKU Selatan, PHBS ini harus tetap terus berjalan bukan karena lomba, maka dari itu, marilah kita mulai untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga kedepan seluruh masyarakat dapat lebih mencintai desa dan daerahnya dengan menjadikan desa yang sehat.

Sumber : Diskominfo OKU  Selatan.

Tampilkan lagi artikel terkait
tampilkan artikel lain dari admin
tampilkan artikel lain di BERITA TERBARU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cek Juga!

Hari Santri Nasional Untuk Kebangkitan Para Santri Dalam Berbhakti dan Ikhlas Mengabdi Untuk Negeri Indonesia

Muaradua (22/10) Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan melalui  Bagian Kesejahter…